Manfaat Singkong (Ubi Kayu / Ketela Pohon)

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Singkong (Ubi Kayu / Ketela Pohon)

Ditulis oleh: -

Manfaat Singkong (Ubi Kayu / Ketela Pohon) - Nah kali ini Ubul akan membahas tentang manfaat salah satu sumber makanan yang berasal dari umbi - umbian yaitu Ubi kayu atau ketela pohon. Orang Indonesia terutama di daerah Jawa biasa menyebutnya dengan sebutan Singkong. Pasti pembaca sudah tidak asing lagi bukan dengan makanan yang satu ini? Atau mungkin pembaca adalah penggemar singkong?

Singkong
Sumber gambar: nationalgeographic.co.id
Umbi dari ketela pohon ini bisa diolah dengan berbagai cara. Cara yang paling sederhana adalah dengan cara merebus atau mengkukusnya. Namun Ubul lebih menyukai jika singkong diolah dengan cara digoreng karena lebih punya "taste" :D. Nah selain digoreng dan direbus, umbi ini juga biasa digunakan sebagai bahan baku utama untuk membuat tape yang merupakan hasil fermentasi dari Ubi kayu ini.

Namun sayangnya makanan ini dianggap sebagai makanan kelas rendah oleh banyak masyarakat. Memang faktanya adalah ubi kayu banyak dimanfaatkan orang (maaf) kurang mampu sebagai makanan pokok pengganti nasi karena memang harganya yang murah dan cara penanamannya yang relatif mudah. Namun memang makanan ini sangat layak untuk menggantikan nasi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan energi kita.

Memang, manfaat utama singkong adalah sebagai makanan pengganti nasi, namun kandungan yang terdapat di dalamnya bukanlah hanya karbohidrat saja. Menurut sumber yang Ubul baca, makanan ini memiliki banyak kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh meskipun jumlah nya yang tidak terlalu besar. Selain memiliki jumlah kalori dua kali lebih besar dari kentang yang dihasilkan dari karbohidratnya, umbi dari ketela pohon ini juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, protein, lemak, vitamin C dan lainnya.
Konon, mengkonsumsi singkong sebagai pengganti nasi dinilai baik untuk diet rendah kalori. Meskipun kandungan kalorinya dua kali lebih besar dari kentang, namun jumlah itu masih lebih sedikit dari jumlah kalori yang terkandung pada nasi. Selain itu, makanan ini juga kaya akan serat yang tidak larut dalam air sehingga perut akan terasa tetap kenyang dalam waktu yang lama dan juga baik untuk pencernaan 

Memang manfaatnya tidak terlalu besar bagi kesehatan, namun setidaknya ini adalah salah satu alternatif sumber energi yang bisa kita manfaatkan. Mungkin makanan ini dipandang rendah dan tidak berguna bagi sebagian orang yang merasa dirinya "kaya", namun Ubul percaya ini adalah salah satu bentuk kasih sayang sang pencipta kepada manusia tertutama untuk mereka yang kurang mampu untuk membeli makanan "mahal" seperti nasi dan pastinya memiliki manfaat yang luar biasa besar untuk kelangsungan hidup mereka.

Ya, satu lagi hasil dari alam yang dipersembahkan untuk kita. Seperti yang Ubul sering katakan, Ubul percaya tak ada satupun ciptaan-Nya yang tidak berguna, yang ada hanya kita yang belum mengetahuinya :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi : Wikipedia

0 comments "Manfaat Singkong (Ubi Kayu / Ketela Pohon)", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment