Manfaat & Kandungan Sawi Putih

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat & Kandungan Sawi Putih

Ditulis oleh: -

Manfaat & Kandungan Sawi Putih - Sawi putih, hemm siapa yang tidak mengenalnya? Ini adalah salah satu sayuran murah meriah yang sering kali mengisi kulkas Ubul. Ya, sayuran yang hidup di area bersuhu dingin ini memang menjadi salah satu sayuran wajib bagi Ubul dan keluarga karena mudahnya pengolahannya sebagai masakan. Contoh yang paling mudah adalah Ubul sering kali menggunakan sayuran ini sebagai campuran untuk memasak mie instant.

Sawi Putih
Sumber gambar: www.dinomarket.com
Salah satu masakan khas tionghoa (chinese food) yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Cap Cai (CapCay) juga menggunakan sawi putih sebagai salah satu komposisi sayuran yang digunakan, tentunya dengan ditemani sayuran lain seperti wortel, sawi hijau, dan lainnya. Dan kebetulan masakan tersebut adalah salah satu masakan favorit Ubul. Jadi tidak heran jika sayuran ini hampir selalu ada di kulkas Ubul  :D

Namun disini Ubul tidak akan membahas tentang masakan favorit Ubul ataupun Cap Cai. Ubul ingin membahas tentang apa saja manfaat sawi putih bagi kesehatan. Ya, memang selama ini Ubul belum mengetahui tentang hal tersebut, namun karena Ubul sangat sering mengkonsumsinya, Ubul jadi penasaran dan memutuskan untuk mencari tau tentang manfaatnya.


Khasiat dari sawi putih untuk kesehatan ternyata cukup banyak dan lengkap untuk ukuran sebuah sayuran, apalagi mengingat harganya yang relatif murah. Sehingga tidak salah memang jika sayuran ini menjadi salah satu bahan baku wajib bagi beberapa resep masakan yang digunakan oleh orang tua Ubul. Menurut sumber yang Ubul baca, sawi putih memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kita antara lain untuk mencegah osteoporosis, mencegah penyakit jantung, mencegah anemia, menjaga kesehatan kornea mata dan masih banyak lagi. Hal itu tidak lepas dari beberapa kandungan yang ada di dalamnya.

Apa saja kandungan yang terdapat pada sawi putih? Menurut sumber yang Ubul baca, ada beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya dengan  setidaknya sembilan manfaat yang bisa didapatkan dari sayuran ini.

Manfaat dari sawi putih yang pertama adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan pada luka, dan mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Hal itu karena dalam sayuran ini terkandung vitamin C yang konon hampir setara dengan jeruk sehingga memang sangat baik untuk hal - hal yang sudah Ubul tulis diatas.

Untuk mencegah gondok, ternyata sayuran yang memiliki nama latin Brassica rapa convar ini juga sangat baik untuk di konsumsi. Hal ini karena pada sawi putih mengandung Goitrogen yang menghambat fungsi kelenjar tiroid yang memicu terjadinya goiter gondok. Ini sekaligus sebagai manfaat kedua dari sayur sawi putih.

Konon, sayuran ini juga baik untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan vitamin C, vitamin E dan betakaroten nya sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung. Ketiga zat tersebut berguna untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL. Selain itu, jika dikonsumsi, sayuran ini dapat memperkecil proses ateroskerosis yang artinya dapat menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung karena dalam sayuran ini juga terkandung niasin.

Kandungan asam folat yang terkandung didalamnya berperan dalam proses sintesis nukleoprotein. Proses tersebut merupakan kunci pembentukan produksi butir - butir darah merah dalam sumsum tulang. Itu artinya sayuran ini dapat berguna untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kurangnya kandungan sel atau butir - butir darah merah dalam darah.

Konon, sawi putih juga dapat berfungsi untuk mencegah diabetes mellitus karena mengandung kalsium yang berperan penting dalam menurunkan kadar gula dalam darah dan juga menurunkan kadar kolesterol.

Selain mencegah diabetes, kandungan kalsium yang didukung dengan vitamin K pada tumbuhan ini dapat mengatur protein tulang dan kalsium dalam tulang sehingga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau biasa disebut dengan osteoporosis.

Mata kita membutuhkan asupan vitamin A untuk menjaga kesehatannya terutama pada bagian kornea. Nah vitamin ini ternyata juga terkandung pada sawi putih sehingga baik untuk kesehatan mata.

Bagi anda yang rajin merawat kulit, sayuran ini juga sangat baik untuk dikonsumsi. Pasalnya, sayuran sawi putih memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, vitamin ini juga berperan sebagai anti oksidan yang juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dan manfaat kesembilan dari sawi putih adalah untuk mencegah macam - macam kanker. Menurut sumber yang Ubul baca, pada sayuran ini terdapat kandungan Indol dan Isotiosianat yang dapat mereduksi protein kanker karena kemampuan dari kedua zat tersebut untuk mengatur enzim yang berfungsi mendetoksifikasi hati.

Untuk masalah "kanker" atau kantong kering, sayuran ini juga baik untuk dikonsumsi. Karena selain harganya yang relatif murah, berbagai kandungan dan manfaat diatas tentunya sudah sangat baik untuk ukuran sebuah sayuran. Dan tentunya tidak akan terlalu banyak menghabiskan isi kantong anda para pembaca :P

Nah cukup banyak bukan manfaat yang bisa ditemukan dari sawi putih? Satu lagi hasil kekayaan alam yang juga kaya manfaat untuk dapat kita manfaatkan. Oleh karena itu tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga kelestarian alam kita agar kita dapat terus menikmati manfaat yang diberikan darinya. Karena jika bukan kita yang menjaga kelestarian dan kebersihan alam, siapa lagi? Kontribusi kecil anda akan sangat berarti bagi kita semua - Ubul si Ulet Bulu

Referensi : Chirpstory, Wikipedia

4comments :

  1. wah banyak juga manfaatnya,kalo perwatannya punya tips gak,soalnya saya juga belajar bertaani?tks

    ReplyDelete
  2. Kalau untuk perawatan sayangnya kita kurang paham om / mas / mba / tante @Bromo indah :)

    ReplyDelete
  3. sawi pun ada juga manfaatnya ya sob

    ReplyDelete
  4. Terimakasih Infonya Sangat Membantu Sekali.

    ReplyDelete