Manfaat Jamur Kuping Sebagai Penangkal Racun

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Jamur Kuping Sebagai Penangkal Racun

Ditulis oleh: -

Manfaat Jamur Kuping - Umumnya, jamur yang kita kenal sebagian besar memiliki bentuk fisik yang hampir sama, yakni berbentuk seperti payung. Namun beberapa jenis jamur memiliki bentuk yang sedikit berbeda, salah satunya adalah jamur kuping.

Kenapa dinamai jamur kuping? Mungkin disebut demikian karena jamur ini memiliki bentuk fisik yang menyerupai daun telinga atau kuping manusia, yang melebar dan bergelombang. Namun bukan berarti bentuknya benar - benar mirip dengan telinga manusia, dan menurut Ubul itu hanya perumpamaan saja agar lebih mudah diingat.

Jamur kuping
Sumber gambar: epetani.deptan.go.id
Jamur yang bisa dikonsumsi ini sudah sangat populer terutama di wilayah Asia karena dapat diolah menjadi berbagai macam masakan serta harganya yang tidak terlalu mahal. Di Indonesia sendiri, jenis jamur ini kebanyakan digunakan sebagai salah satu bahan baku untuk membuat sup. Teksturnya yang kenyal seperti jelly membuatnya memiliki kenikmatan tersendiri saat dikunyah.

Nah bagi anda yang suka dengan jamur ini, apakah anda sudah mengetahui apa saja manfaat yang terkandung di dalam jamur ini? Kebetulan Ubul akan sedikit membahas tentang apa saja manfaat dan kandungan dari jamur ini, untuk menginformasikan kepada pembaca terutama bagi penyuka jamur yang satu ini. Yuk kita simak sama - sama.

Kandungan gizi / nutrisi jamur kuping


Menurut sumber yang Ubul baca, sebagian besar kandungan dari jamur ini adalah lemak, yakni sekitar 72%. Namun demikian, lemak yang terkandung pada jamur kuping termasuk unsaturated jadi tergolong aman dan sehat jika dimakan. Nutrisi lain dari jamur ini adalah air, karbohidrat, protein dan serat.

Tidak hanya itu, jamur yang memiliki warna dominan coklat atau hitam ini ternyata juga memiliki beberapa kandungan vitamin, diantaranya adalah vitamin B1 atau thiamine, vitamin B2 atau riboflavin vitamin C dan lain sebagainya. Nah setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisinya, sekarang Ubul akan menginformasikan sedikit tentang manfaatnya bagi kesehatan.

Sebagai obat penangkal racun


Salah satu khasiat dari jamur kuping adalah sebagai penangkal racun. Menurut sumber yang Ubul baca, pada saat dipanaskan, lendir dari jamur yang memiliki nama latin Auricularia auricula ini dapat menangkal racun dalam berbagai bentuk seperti racun nabati, racun residu pestisida, hingga racun berbentuk logam berat. Konon, hal ini sudah diketahui oleh bangsa Tionghoa sejak ratusan tahun yang lalu.

Obat untuk mencegah kanker


Masih menyangkut dengan lendir yang Ubul tulis diatas, konon kandungan senyawa pada lendir tersebut juga ampuh untuk menghambat pertumbuhan kanker hingga 80 - 90%! Senyawa yang sama juga dipercaya dapat mencegah penggumpalan darah sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

Untuk menormalkan tekanan darah


Selain dua hal diatas, jamur kuping juga dipercaya memiliki beberapa manfaat yang tidak kalah pentingnya, diantaranya adalah untuk menormalkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan syaraf, menurunkan kolesterol, bahkan konon dapat mengurangi stres.

Nah mungkin itu saja yang bisa Ubul informasikan kepada pembaca sekalian. Ini adalah salah satu contoh bahwa tidak ada satupun ciptaan-NYA yang tidak berguna. Jamur yang perannya "hanya" sebagai pengurai ternyata dapat memiliki manfaat yang begitu besarnya bagi kita.

Ini juga sekaligus menjadi bukti bahwa alam menyimpan begitu banyak manfaat didalamnya, bahkan untuk jamur. Untuk itu tidak lupa Ubul ingatkan untuk selalu menjaga kelestarian alam kita, agar kita dapat terus menikmati segala kekayaan dan manfaat yang terdapat di dalamnya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi : Wikipedia

0 comments "Manfaat Jamur Kuping Sebagai Penangkal Racun", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment