Manfaat Buah Dan Sayuran

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Buah Dan Sayuran

Ditulis oleh: -

Manfaat Buah dan Sayuran
Sumber gambar: dinkes.sumbarprov.go.id
Manfaat Buah Dan Sayuran - Alam menyediakan banyak sekali sumber daya untuk bisa dimanfaatkan bagi kehidupan kita. Segala jenis sumber makanan bisa dihasilkan oleh alam, baik yang secara alami ataupun dengan campur tangan manusia untuk mengembangkannya. Beras, jangung, ikan, daging, buah, sayur dan lain sebagainya adalah contoh kecil dari kekayaan alam. Namun disini Ubul hanya ingin memberikan sedikit penjelasan mengenai dua jenis kekayaan alam yang menjadi makanan favorit Ubul, yaitu buah dan sayuran.

Ya, manfaat buah dan sayur sangatlah banyak terutama bagi kesehatan kita. Seperti yang kita ketahui tubuh kita membutuhkan berbagai macam nutrisi dan asupan gizi untuk menjaga kesehatan serta mempertahankan daya tahan tubuh kita. Dan semua itu bisa kita temui dari buah - buahan dan sayur - sayuran. Itulah mengapa ubul sangat menyukai kedua jenis makanan dari hasil alam tersebut. Karena selain enak, manfaatnya pun sangat banyak.

Berikut adalah kandungan vitamin dan mineral yang terkandung pada buah dan sayur serta manfaatnya bagi kesehatan :

Vitamin A

Waktu Ubul masih duduk di bangku SD, bu guru selalu berkata pada salah satu teman Ubul untuk sering memakan wortel karena teman ubul itu memiliki gangguan pengelihatan (entah minus atau plus waktu itu Ubul belum mengerti). Ya, wortel dikenal sebagai sayuran yang kaya akan Vitamin A atau disebut juga sebagai retinol yang dikenal baik untuk kesehatan mata. Menurut beberapa sumber lain, ternyata Vitamin A juga baik untuk kesehatan kulit.

Buah yang mengandung vitamin A antara lain : Belimbing, Melon, Pepaya, Pisang, Semangka dll.
Sayur yang mengandung vitamin A antara lain : Bayam, Brokoli, Kangkung, Wortel dll.

Vitamin B


Entah mengapa vitamin yang satu ini dibedakan menjadi beberapa jenis atau golongan nama yang berbeda seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Mungkin mereka itu kembar saat dilahirkan, namun orang tuanya hanya memberikan embel - embel angka dibelakang namanya sebagai pembeda. Tetapi Ubul juga tidak tau pasti akan hal itu  -_-

Vitamin B1


Menurut beberapa sumber yang pernah Ubul baca, Vitamin B1 disebut juga dengan nama tiamin. Manfaat vitamin ini antara lain adalah untuk menjaga kesehatan kulit, baik untuk pencernaan dan metabolisme, serta baik untuk sistem saraf terutama otak. Beberapa tanaman atau tumbuhan yang mengandung Vitamin B1 adalah kacang - kacangan dan gandum.

Vitamin B2


Turunan dari Vitamin B ini juga dikenal sebagai riboflavin. Peran serta manfaat dari Vitamin B1 sendiri adalah untuk menjaga metabolisme tubuh, serta berperan penting dalam proses regenerasi tubuh yang artinya adalah untuk penyembuhan atau pertumbuhan kembali karena terdapat bagian tubuh yang "rusak" atau terluka seperti pada kulit, kuku dan rambut.

Tanaman yang mengandung Vitamin B2 salah satunya adalah kacang kedelai dan sayuran segar lainnya.

Vitamin B3


Istilah lain untuk Vitamin B3 adalah niasin. Peran penting Vitamin B3 bagi kesehatan adalah untuk.menjaga metabolisme tubuh, serta dapat menjaga kadar gula dan tekanan darah. Bahkan menurut sumber yang pernah Ubul baca, Vitamin B3 juga bisa membantu dalam proses pemulihan penyakit vertigo dan migrain.

Tanaman dan sayur yang mengandung Vitamin B3 antara lain kentang manis dan gandum.

Vitamin B5


Satu lagi Vitamin yang berperan besar dalam metabolisme tubuh. Vitamin B5 atau disebut juga dengan istilah asam pantotenat ini juga sangat baik untuk sistem saraf pusat dan otak.

Tanaman yang mengandung Vitamin B5 antara lain sayuran hijau dan kacang hijau.

Vitamin B6


Nah ini salah satu Vitamin favorit Ubul agar dapat berubah menjadi kupu - kupu dengan cepat. Hal itu karena Vitamin B6 memiliki peran penting bagi pertumbuhan. Selain baik untuk pertumbuhan, Vitamin B6 juga baik bagi metabolisme tubuh serta memperkuat sistem imun. Oh iya, Vitamin B6 ini disebut juga dengan istilah piridoksin

Tanaman yang mengandung Vitamin B6 antara lain Beras, Jagung, Kacang - kacangan dll.

Vitamin B12


Saudara terakhir dari urutan kembaran dari Vitamin B ini disebut juga dengan istilah sianokobalamin. Peranan terbesar dari Vitamin B12 adalah untuk pemeliharaan kesehatan sel saraf. Namun sayangnya Vitamin B12 tidak terdapat pada tumbuhan :(

Vitamin C


Nah tentu kita sudah tidak asing lagi dengan Vitamin yang satu ini. Vitamin C atau disebut juga dengan istilah asam askorbat yang identik dengan rasa asam ini sangat penting bagi sistem imun atau ketahanan tubuh. Selain itu Vitamin C juga merupakan salah satu protein penting dalam penyusunan jaringan tubuh seperti kulit, sendi dan tulang. Bahkan menurut sumber yang pernah Ubul baca Vitamin C ternyata dapat mengurangi resiko kanker karena dapat menurunkan laju "mutasi" dalam tubuh. Vitamin C juga beperan penting dalam proses penyembuhan karena luka dan mengurangi resiko infeksi terhadap bakteri.

Buah yang mengandung Vitamin C antara lain Apel, Mangga, Sirsak, Belimbing, Pisang, Pepaya, Buah Naga, dan yang paling terkenal adalah Jeruk
Sayur yang mengandung Vitamin C antara lain Ubi jalar, Tomat, Kol dan Jangung

Vitamin E


Ini adalah Vitamin yang tidak terlalu banyak dibutuhlan oleh tubuh, namum perannya sangatlah penting bagi kita (termasuk Ubul). Vitamin E merupakan senyawa antioksidan yang juga sangat penting untuk daya tahan tubuh serta sangat penting untuk kesehatan jaringan tubuh termasuk kulit.

Buah yang mengandung Vitamin E antara lain Alpukat, Kiwi, Mangga, Pisang, Tomat dll.
Sayur yang mengandung Vitamin E antara lain Asparagus, Bayam, Brokoli, Paprika, dan Minyak dalam sayuran segar.

Vitamin K


Guru Ubul pernah berkata "jika kamu terluka dan berdarah dan darahnya tidak mau berhenti menetes, bisa jadi kamu kekurangan Vitamin K". Tapi tidak termasuk untuk "luka hati" atau "galau" ya -_- Ya, Vitamin K sangat penting untuk proses pembekuan darah ketika terdapat jaringan tubuh yang rusak atau terluka untuk mengurangi resiko kehilangan terlalu banyak darah saat terluka.

Buah yang mengandung Vitamin K antara lain Alpukat dan Kiwi
Sayur yang mengandung Vitamin K antara lain Asparagus, Brokoli, Kubis dll.

Selain kaya kandungan Vitamin, buah dan sayur masih menyimpan banyak zat bermanfaat lainnya yang tentunya baik untuk tubuh seperti Asam Folat, Kalsium, Potasium, Zat Besi dan zat lainnya. Nah mungkin hanya itu yang bisa Ubul sampaikan kepada pembaca sekalian. Ini mengingatkan kita untuk tetap menjaga kelestarian dan kebersihan alam kita terutama dari hal - hal yang bisa mencemari lingkungan kita. Karena jika lingkungan kita sudah tercemar, maka sumber makanan kita yang berasal dari alam akan ikut tercemar dan berefek kepada kita sendiri.

Maka menjaga kelestarian alam agar tetap "hijau" sangatlah penting untuk kenyamanan kita bersama. Hal itu harus kita anggap sebagai timbal balik atas segala kebaikan alam yang kita peroleh. Kalau bukan kita yang menjaga alam, siapa lagi? :)

Referensi : Wikipedia

0 comments "Manfaat Buah Dan Sayuran", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment