Manfaat Melon, Buah Yang Baik Untuk Diet

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Melon, Buah Yang Baik Untuk Diet

Ditulis oleh: -

Manfaat Melon, Buah Yang Baik Untuk Diet - Belakangan ini hari - hari terasa semakin panas saja terutama pada siang hari. Terik matahari seakan menusuk kulit secara langsung ketika kita berada di bawah sinarnya. Mungkin saja ini adalah efek nyata dari pemanasan global yang terjadi akibat banyaknya polusi serta rusaknya lingkungan atau alam sekitar kita. Biasanya, jika cuaca sedang panas seperti itu, orang akan cenderung mencari kudapan yang bersifat segar seperti es misalnya. Ubul sendiri lebih memilih untuk memakan buah daripada harus meminum es.

Buah melon
Sumber gambar: epetani.deptan.go.id
Buah melon, salah satu buah yang bisa menyegarkan tenggorokan kita terutama jika cuaca sedang panas. Ya, buah ini memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dapat menyegarkan tenggorokan anda, karena sebagian besar kandungan dalam buah melon adalah air. Buah ini juga biasa digunakan untuk campuran dalam es buah misalnya. Namun taukah anda, dibalik kesegarannya ternyata buah ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita?

Kandungan nutrisi pada buah melon yang cukup kaya dan beragam ternyata sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita. Diantaranya ada vitamin A, protein, vitamin C, kalsium, magnesium, potassium, dan karbohidrat adalah beberapa kandungan utama yang terdapat pada buah melon.

Khasiat melon untuk kesehatan

Ya, beberapa kandungan nutrisi pada buah melon yang Ubul tulis diatas dapat berfungsi baik untuk kesehatan kita. Beberapa diantaranya adalah :

Untuk mencegah stroke dan batu ginjal

Kandungan kalium yang cukup kaya pada buah melon dapat membantu untuk menjaga tekanan darah dan mengatur denyut jantung. Hal ini memungkinkan untuk dapat mencegah stroke yang sering kali terjadi karena adanya pembuluh darah yang tersumbat atau pecahnya pembuluh darah yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium yang dikandungnya juga dipercaya dapat mengurangi resiko terbentuknya batu ginjal.

Mencegah penyakit jantung dan kanker

Buah ini juga kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, dan juga mengandung beta karoten. Menurut sumber yang Ubul baca, beta karoten dan vitamin C dipercaya mampu mencegah beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Hal itu karena memang antioksidan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, seperti yang sudah Ubul tulis diatas, kandungan lain dari buah melon dapat membantu menjaga tekanan darah dan mengatur denyut jantung.

Buah yang baik untuk diet

Dibalik rasanya yang manis dan menyegarkan, ternyata buah melon juga baik dikonsumsi bagi anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan buah ini rendah kalori meskipun rasanya manis, berbeda halnya dengan gula pasir, sirup jagung dan madu yang akan memberikan anda kalori yang cukup ringgi namun minim nutrisi.

Buah yang memiliki nama latin Cucumis melo ini juga kaya akan serat sehingga akan membuat perut anda terasa kenyang lebih lama. Serat juga dikenal baik untuk kesehatan pencernaan, sehingga buah yang memiliki bentuk bulat seperti bola ini sangat baik dikonsumsi untuk camilan diet.

Menjaga kesehatan mata

Seperti yang sudah Ubul tulis diatas, buah yang termasuk dalam suku labu - labuan ini juga diperkaya vitamin A, yang sudah terkenal untuk dapat meningkatkan ketajaman mata atau menjaga kesehatan mata kita.

Nah mungkin itu saja yang bisa Ubul informasikan tentang manfaat dari buah melon. Mungkin masih ada beberapa manfaat lain yang belum Ubul tuliskan disini, tetapi Ubul rasa semua tulisan ini sudah cukup untuk mewakili sebagian besar manfaat yang terkandung di dalamnya.

Satu lagi hasil kekayaan alam yang dapat kita nikmati. Alam menyediakan buah yang dapat kita manfaatkan untuk menyegarkan kita ditengah cuaca yang semakin panas akhir - akhir ini. Bahkan juga telah diperkaya dengan berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kita. Untuk itu tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga kelestarian alam, minimal dengan menghindari untuk ikut mencemarinya agar kita dapat senantiasa menikmati segala mafaat yang dapat dihasilkan oleh alam. Karena jika bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? - Ubul si Ulet Bulu

Referensi : Wikipedia, Discovery Fit And Health

0 comments "Manfaat Melon, Buah Yang Baik Untuk Diet", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment