Manfaat Kunyit Kuning Untuk Kecantikan & Kesehatan

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Kunyit Kuning Untuk Kecantikan & Kesehatan

Ditulis oleh: -

Manfaat Kunyit Kuning Untuk Kecantikan & Kesehatan - Dulu waktu Ubul masih kecil (sekarang juga masih kecil kok :D) ketika Ubul sakit demam atau masuk angin, orang tua (Ibu) Ubul selalu membuatkan sebuah ramuan yang berbahan dasar kunyit, atau orang Indonesia biasa menyebutnya dengan "jamu" kunyit / kunir.

Kunyit Kuning
Sumber gambar: hkti.org
Kunyit atau kunir yang berwarna kuning itu dipercaya dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk menurunkan panas dan mencegah masuk angin. Dan kata orang tua Ubul, hal itu sudah berlangsung sejak lama dan sudah menjadi tradisi turun temurun. Namun apakah hal itu benar adanya? Atau hanya mitos / sugesti belaka? Nah untuk itu Ubul ingin sedikit membahas tentang manfaat dan kandungan di dalam kunyit atau kunir.

Khasiat kunyit atau kunir yang dijadikan sebagai jamu, memang terbukti dapat menurunkan panas serta mengusir dan mencegah masuk angin. Bagian yang sering digunakan atau dimanfaatkan adalah bagian umbi nya. Menurut sumber yang Ubul baca, umbi dari kunyit yang sudah berumur lebih dari satu tahun dapat dijadikan sebagai obat yang berkhasiat untuk melepaskan lapisan gas di usus (masuk angin), membersihkan perut khususnya lambung, mendinginkan badan, menghentikan pendarahan, mencegah penggumpalan darah dan lain sebagainya. Kunyit juga biasa digunakan sebagai rempah – rempah, dan sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya yang tinggal di wilayah Asia sebagai bumbu masakan.

Kunyit yang memiliki nama latin Curcuma longa Linn ini memiliki kandungan utama yaitu kurkumin dan minyak atsiri. Kandungan yang terdapat pada umbi tumbuhan ini dapat berfungsi untuk pengobatan seperti gangguan pencernaan, dan hepatitis. Zat yang terkandung dalam kunyit tersebut juga dapat berperan sebagai anti oksidan anti mikroba (anti bakteri), anti kolesterol dan bahkan anti HIV dan anti tumor. Tumbuhan rempah ini juga sangat identik dengan pengobatan dan perawatan khususnya untuk wanita.

Selain hal – hal yang Ubul sebutkan diatas, konon khasiat lain dari tumbuhan yang masuk golongan jahe – jahean ini juga dapat untuk mengatasi keputihan pada wanita, memperlancar haid, meredam nyeri pada saat haid, memperlancar ASI dan masih banyak lagi.

Untuk merawat kesehatan kulit, konon tumbuhan yang berasal dari daerah Asia Tenggara ini juga sangat bermanfaat. Beberapa orang percaya bahwa kunyit yang telah di haluskan dengan cara di parut atau di blender dapat dijadikan sebagai lulur atau masker pada wajah untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit wajah. Tidak heran jika kunyit menjadi sangat populer karenanya terutama bagi kaum wanita.

Nah mungkin itu saja yang bisa Ubul sampaikan kepada pembaca sekalian tentang khasiat kunyit kuning. Manfaat yang cukup besar untuk ukuran bumbu masakan bukan? Ya, itulah salah satu bukti kekayaan alam yang dapat kita manfaatkan bersama. Untuk itu marilah kita turut menjaga dan melestarikan alam disekitar kita agar dapat menghasilkan lebih banyak manfaat lain untuk kehidupan kita sendiri. Kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? – Ubul si Ulet Bulu

Referensi : Wikipedia

0 comments "Manfaat Kunyit Kuning Untuk Kecantikan & Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment