Manfaat Biji Kacang Kedelai

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Biji Kacang Kedelai

Ditulis oleh: -

Manfaat Biji Kacang Kedelai - Bagi masyarakat Indonesia, kedelai merupakan salah satu bahan makanan paling penting dan sering digunakan untuk konsumsi sehari - hari oleh masyarakat. Cara pemanfaatan nya pun bermacam - macam, ada yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi bentuk yang jauh berbeda dan sebagian lagi ada yang diolah secara sederhana seperti direbus atau di sangrai saja.

Kacang kedelai
Sumber gambar:dishut.gunungmaskab.go.id
Jenis makanan olahan yang berasal dari kedelai antara lain adalah tempe, tahu (tofu), kecap dan bahkan ada pula yang menjadi bumbu masakan seperti tauco.

Tempe adalah salah satu olahan dari biji kedelai yang merupakan makanan khas dari Indonesia dan merupakan makanan murah meriah namun memiliki rasa yang enak. Meskipun tergolong murah, ternyata tempe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Hal itu tidak lepas dari kandungan dalam bahan baku utama untuk pembuatannya, yaitu kedelai. Nah pada posting kali ini, Ubul akan memberikan sedikit informasi tentang kedelai serta manfaatnya bagi kesehatan. Yuk kita simak bersama - sama :D

Kandungan nutrisi kedelai


Menurut sumber yang Ubul baca, nutrisi yang terkandung di dalam biji kedelai atau biasa disebut juga dengan kacang kedelai sangatlah beragam. Salah satu kandungan gizi yang identik dengan kacang kedelai adalah protein. Ya, konon kedelai adalah penghasil protein nabati terbaik saat ini.

Beberapa kandungan gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh kita juga dapat kita temukan pada kedelai, diantaranya adalah kalsium, kalium, fosfor, zat besi, potassium bahkan vitamin B kompleks juga dapat kita temukan pada biji kacang kedelai.


Khasiat kedelai bagi kesehatan


Nah setelah kita mengetahui apa - apa saja yang dikandung dalam kedelai, sekarang Ubul akan sedikit menjelaskan tentang beberapa manfaat atau khasiat dari kacang kedelai, baik dari kandungan nutrisi yang sudah Ubul tulis diatas maupun kandungan lainnya. Berikut diantaranya :

Baik untuk pembangun jaringan dalam tubuh


Ingat dengan yang Ubul tulis diatas? Ya, kedelai diakui sebagai penghasil protein nabati terbaik saat ini, dimana protein sudah dikenal sangat baik untuk proses pembangunan jaringan dalam tubuh. Misalnya untuk pembangunan otot, perkembangan sel - sel otak dan konon dapat meningkatkan daya ingat.

Mencegah osteoporosis


Seperti yang Ubul tulis diatas, kedelai juga memiliki kandungan kalsium yang gunanya tentu saja sudah kita ketahui bersama, yakni untuk membantu dalam proses pertumbuhan dan memperkuat tulang kita. Sehingga, kedelai juga disinyalir dapat membantu untuk mencegah osteoporosis, dimana osteoporosis adalah proses pengeroposan tulang dalam tubuh.

Mencegah penuaan dini


Pernah mendengar kata isoflavin? Itu adalah salah satu kandungan yang konon "ajaib" yang terdapat pada biji kacang kedelai. Salah satu merek snack bahkan mengangkat nama zat ini pada produknya karena konon zat ini sangat baik untuk kulit dan mencegah penuaan dini. Isoflavin bekerja dengan menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu faktor penyebab penuaan dini. Hal itu berarti kedelai juga sekaligus dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Kedelai untuk mencegah kanker


Masih seputar kandungan ajaib dari kedelai yaitu isoflavin. Menurut sumber yang Ubul baca, selain dapat mencegah penuaan dini, isoflavin juga dapat berguna untuk mencegah berbagai penyakit kanker.

Manfaat lain dari kedelai


Selain hal - hal yang sudah Ubul tulis diatas, beberapa khasiat lain yang konon bisa ditemukan pada kedelai adalah untuk melindungi jantung, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, menstabilkan gula darah, dan berbagai manfaat lainnya.

Nah mungkin itu saja yang dapat Ubul sampaikan kepada pembaca sekalian tentang manfaat yang dikandung pada biji kedelai. Bahan makanan yang tergolong murah namun memiliki manfaat yang sangat kaya.

Hal ini mungkin untuk mengingatkan kita agar tidak menganggap remeh pada sesuatu apapun, termasuk sumber makanan yang tergolong murah. Karena makanan dengan harga yang lebih mahal belum tentu memiliki manfaat yang lebih kaya dari ini. Dan kedelai merupakan salah satu hasil kekayaan alam yang dapat kita manfaatkan bersama.

Untuk itu tidak lupa Ubul mengingatkan kepada pembaca sekalian untuk selalu menjaga kelestarian alam di sekitar kita. Cara yang paling sederhana adalah dengan menghindari untuk ikut mencemarinya, agar kita dapat senantiasa menikmati sumber kekayaan alam secara terus menerus. Kalau bukan kita yang menjaga, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi - Wikipedia

0 comments "Manfaat Biji Kacang Kedelai", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment