Manfaat Hazelnut Serta Kandungan Nutrisinya

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Hazelnut Serta Kandungan Nutrisinya

Ditulis oleh: -

Manfaat Hazelnut Serta Kandungan Nutrisinya - Setelah kemarin Ubul membahas tentang manfaat kacang almond serta kandungan nutrisinya, sekarang Ubul ingin membahas tentang kacang lain yang yang juga memiliki ukuran cukup besar yakni hazelnut. Hemm, banyak orang terkecoh dan sulit membedakan antara kacang almond dan hazelnut, termasuk Ubul sendiri. Apakah pembaca juga ada yang bingung?

Kacang hazelnut
Sumber gambar: en.wikipedia.org
Perbedaan kacang almond dan hazelnut sebenarnya bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Hazelnut memiliki bentuk lebih membulat, sedangkan kacang almond sedikit memanjang. Keduanya juga berasal dari jenis tumbuhan yang berbeda. Namun perbedaan secara lebih spesifiknya Ubul tidak bisa menjelaskannya.

Yang jelas, hazelnut sering kali digunakan untuk bahan tambahan untuk coklat padat. Yum yum :D. Ya, dibanding kacang mede memang hazelnut lebih sering digunakan pada coklat padat, sehingga kacang ini juga sering kali di identikkan dengan coklat. Nah karena Ubul juga suka mengkonsumsi coklat yang berisi hazelnut didalamnya, Ubul jadi penasaran apa saja yang terkandung di dalam kacang yang satu ini?

Kandungan nutrisi hazelnut


Dibalik ketenarannya yang sering kali "disandingkan" dengan coklat, ternyata hazelnut memiliki manfaat dan kandungan nutrisi yang tidak kalah "wow" nya. Menurut sumber yang Ubul baca, hazelnut memiliki beberapa kandungan mineral penting yang diantaranya adalah kalsium, kalium, magnesium, tembaga, mangan, besi, seng dan selenium. Namun bukan hanya itu saja, selanjutnya akan Ubul bahas sekaligus untuk membahas beberapa manfaatnya. Yuk kita cek di bawah :D

Khasiat hazelnut bagi kesehatan


Nah berdasarkan beberapa kandungan nutrisi dan mineral yang sudah Ubul tulis diatas, hazelnut memiliki beberapa manfaat atau khasiat yang tentunya berguna untuk kesehatan kita, diantaranya adalah:

Kaya akan energi


Sudah gurih, berenergi lagi! Mantab kali :D. Ya, menurut sumber yang Ubul baca, kacang yang satu ini memang sumber energi yang cukup baik. Konon pada tiap 100 gram hazelnut terdapat 628 kalori.

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat


Kacang yang berasal dari buah "birch" ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti oleat, serta asam lemak linoleat dan asam lemak esensial yang dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (kolesterol LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau kolesterol HDL. Konon, beberapa studi telah menunjukkan bahwa diet mediterranean berlimpah terhadap asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mencegah penyakit stroke. (Diet bukan berarti tidak makan yaa. Baca pengertian diet mediterranean di wikipedia)

Kacang yang baik untuk ibu hamil


Selain beberapa kandungan mineral yang sudah Ubul tulis diatas, konon menurut sumber yang Ubul baca kacang yang memiliki nama latin Corylus avellana ini memiliki kandungan asam folat yang cukup kaya. Pembaca pasti sudah pernah mendengar nama asam folat bukan? Ya, salah satu merek susu bubuk kemasan instant mengangkat nama senyawa itu dalam iklannya karena memang asam folat dipercaya dapat membantu perkembangan otak janin dan mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Asam folat juga dipercaya dapat mencegah anemia megaloblastik.

Baik untuk kesehatan kulit


Seperti pada kebanyakan kacang lain pada umumnya, hazelnut juga kaya akan vitamin E. Ya, pembaca pasti juga sudah mengetahui tentang vitamin yang satu ini. Vitamin ini identik dengan "kesehatan kulit" karena dipercaya dapat mencegah penuaan dini. Vitamin E juga dikenal sebagai anti oksidan alami yang membantu menangkal radikal bebas, dan melindungi sel - sel dalam tubuh kita dari kerusakan.

Kandungan vitamin lain hazelnut


Selain beberapa kandungan nutrisi, senyawa dan mineral yang sudah Ubul tulis diatas, hazelnut juga memiliki beberapa kandungan vitamin lain yang diantaranya adalah vitamin B kompleks seperti riboflavin, thiamin, niasin, asam pantotenat, dan piridoksin (vitamin B6).

Nah cukup banyak bukan manfaat dan kandungan yang bisa kita temukan pada hazelnut? Mungkin itu saja yang bisa Ubul bagikan pada posting kali ini. Mungkin masih ada beberapa manfaat lain yang belum Ubul tuliskan disini, namun Ubul rasa itu sudah cukup untuk mewakili manfaat utama yang dikandung pada hazelnut.

Satu lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari salah satu hasil kekayaan alam. Dan pastinya masih banyak lagi manfaat yang disimpan oleh alam dan menunggu untuk kita manfaatkan. Maka dari itu tidak lupa Ubul mengajak pembaca sekalian untuk senantiasa menjaga dan melestarikan alam di sekitar kita agar kita dapat terus menikmati segala manfaat yang tersimpan di dalamnya. Kontribusi kecil seperti menghindari untuk ikut mencemarinya sudah cukup untuk membantu menjaga alam kita, minimal anda tidak ikut memperparah kerusakan alam kita. Karena jika bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi: Nutrition and you

2comments :

  1. hazelnut banyak yah manfaatnya untuk kesehatan terutama juga untuk kecantikan. oh ya baca jga nih beberapa tips kecantikan disini http://goo.gl/J7aax8

    ReplyDelete