Manfaat Tauge Serta Kandungan Nutrisinya

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Tauge Serta Kandungan Nutrisinya

Ditulis oleh: -

Manfaat Tauge Serta Kandungan Nutrisinya - Jika kita bicara soal manfaat yang bersumber dari alam, pastilah tidak ada habis - habisnya, karena memang ada begitu banyak manfaat seperti makanan dan minuman yang bisa kita temukan di alam sekitar kita, dan masing - masing sumber makanan memiliki manfaat atau khashiat yang berbeda - beda.

Kecambah kacang hijau "toge"
Sumber gambar: food.detik.com
Bahkan sebuah kecambah yang merupakan tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari bijinya saja bisa bermanfaat bagi kita sebagai bahan pangan. Contoh kecambah yang bisa dimakan adalah kecambah dari biji kacang hijau atau biasa kita sebut dengan tauge. Nah bicara soal tauge, Ubul ingin membahas sedikit nih tentang beberapa kandungan serta manfaatnya untuk kesehatan.

Karena memang tauge sudah sering kali dijadikan sebagai bahan pangan pada beberapa masakan khususnya di Indonesia, sehingga Ubul rasa pembaca juga harus tau apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi tauge. Konon, toge atau tauge ini memiliki beberapa khasiat yang sangat baik terutama bagi kaum pria. Beberapa mitos menyebutkan bahwa jika kita mengkonsumsi tauge, maka kesuburan pria akan meningkat.

Benarkah tauge dapat meningkatkan kesuburan? Menurut beberapa sumber yang Ubul baca, ternyata hal itu memang benar adanya. Dan tentunya faktor peningkatan kesuburan itu tidaklah lepas dari apa yang dikandung di dalamnya bukan? Nah untuk itu, Ubul akan mulai membahas tentang apa saja yang terkandung di dalam tumbuhan "bayi" kacang hijau ini. Yuk kita cek di TKP

Kandungan Nutrisi Tauge


Taukah anda bahwa ternyata kecambah kacang hijau ini memiliki beberapa kandungan yang cukup besar dan baik dibalik ukurannya yang kecil? Menurut sumber yang Ubul baca, tauge memiliki kandungan vitamin E, vitamin C dan protein yang cukup tinggi. Selain ketiga zat tersebut, tauge juga memiliki beberapa kandungan lain seperti vitamin K, dan asam folat yang sudah tentu baik untuk kesehatan.

Khasiat tauge untuk kesehatan


Nah berdasarkan beberapa kandungan nutrisi yang sudah Ubul tulis diatas, kini Ubul akan menjelaskan sedikit tentang beberapa keuntungan dari mengkonsumsi tauge bagi kesehatan tubuh kita. Diantaranya adalah :

Untuk kesuburan pria


Seperti yang Ubul tulis diatas, kandungan vitamin E dan protein yang kaya, dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria. Bahkan konon beberapa orang percaya dengan mengkonsumsi tauge maka akan dapat meningkatkan keperkasaan pria.

Meningkatkan daya tahan tubuh


Selain beberapa kandungan nutrisi yang sudah Ubul tulis diatas, pada tauge juga dapat ditemukan beberapa senyawa yang berguna bagi kesehatan, salah satunya adalah saponin. Menurut sumber yang Ubul baca, senyawa tersebut dipercaya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan pada tubuh kita, dengan menstimulasi interferon dan sel limfosit. Selain itu, vitamin C yang juga dikandung di dalamnya juga memiliki fungsi hampir serupa, yakni untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap fit dalam menjalani aktifitas sehari - hari dan mempercepat proses regenerasi atau penyembuhan pada sel.

Baik untuk mencegah kanker


Konon, tumbuhan yang dipanen saat baru berumur beberapa hari ini juga baik untuk mencegah berbagai macam kanker. Hal itu karena di dalam kecambah terdapat beberapa jenis senyawa anti kanker, diantaranya adalah genistein. Senyawa tersebut dipercaya efektif untuk menghambat pasokan gizi untuk sel - sel kanker sehingga sel - sel kanker dalam tubuh perlahan akan mati.

Sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan untuk mencegah anemia


Menurut sumber yang Ubul baca, selain beberapa kandungan nutrisi dan senyawa yang sudah Ubul tulis diatas, ternyata tauge masih memiliki satu lagi senyawa yang baik untuk dikonsumsi (khususnya untuk ibu hamil), yaitu asam folat. Asam folat diperlukan tubuh karena berperan dalam proses produksi sel darah merah, sehingga dapat mencegah anemia. Pada ibu hamil, pasokan asam folat sangatlah penting, dimana senyawa ini diperlukan agar otak janin dapat berkembang dengan baik dan untuk mencegah kecacatan tabung saraf.

Namun perlu Ubul ingatkan bahwa zat apapun jika kita konsumsi secara berlebihan (overdosis) akan berubah menjadi racun dalam tubuh kita, sehingga takaran yang tepat juga harus dipertimbangkan agar bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.

Nah mungkin itu saja beberapa manfaat yang dikandung pada kecambah yang bisa Ubul tulis di posting kali ini. Mungkin masih banyak lagi manfaat lain yang bisa kita temukan pada tumbuhan ini, namun Ubul kira itu semua sudah cukup untuk mewakili sebagian besar manfaat utama yang bisa kita temukan dari kecambah kacang hijau.

Satu lagi contoh manfaat yang berasal dari kekayaan alam kita. Ini adalah sebuah contoh kecil dari besarnya manfaat lain yang disimpan oleh alam disekitar kita. Maka dari itu tidak bosan Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga dan melestarikan alam di sekitar kita. Cara yang paling sederhana adalah dengan menghindari untuk ikut mencemarinya, karena itu saja sudah cukup untuk mengurangi atau setidaknya tidak ikut memperparah kerusakan alam. Karena jika bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi : Wikipedia

0 comments "Manfaat Tauge Serta Kandungan Nutrisinya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment