Manfaat Sayur Genjer Serta Kandungannya

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Sayur Genjer Serta Kandungannya

Ditulis oleh: -

Manfaat Sayur Genjer Serta Kandungannya - Ketika Ubul pergi ke desa tempat nenek dan kakek Ubul tinggal, hal yang paling Ubul rindukan adalah pemandangan desa yang indah dan asri, udaranya yang bersih, jauh dari kebisingan suara kendaraan dan tentu saja makanannya. Salah satu makanan masakan nenek yang Ubul sukai adalah sayur genjer. Ya, sayur ini sangat sulit ditemukan jika kita mencarinya di kota, sehingga tidak heran Ubul merindukan masakan dari sayuran ini.

Rasanya unik, sedikit pahit dan teksturnya yang khas membuat Ubul ketagihan memakan sayuran ini. Namun ketika ada yang memberitahu Ubul bahwa genjer sebenarnya adalah tanaman gulma (tanaman pengganggu) dan bukan murni sayuran, Ubul sedikit kaget dan khawatir untuk mengkonsumsinya lagi. Nah setelah mendengar hal itu, Ubul memutuskan untuk mencari tau lebih jauh lagi tentang genjer, dan akan menjadi pembahasan di posting kali ini. Pertanyaan yang waktu itu terlintas di pikiran Ubul adalah :

Amankan kita mengkonsumsi genjer? Dan jika bukan murni sayuran, bagaimana awalnya tumbuhan ini bisa menjadi sumber makanan? Konon menurut sumber yang Ubul baca, genjer merupakan alternatif bahan makanan ketika krisis pangan terjadi pada masa pendudukan Jepang, sehingga sayur genjer juga menjadi simbol orang miskin pada waktu itu. Mungkin itu adalah awal mula genjer dijadikan sebagai bahan makanan. Entahlah.

Dan ternyata menurut beberapa penelitian, tumbuhan ini memang aman untuk dikonsumsi, bahkan memiliki beberapa manfaat yang berguna bagi tubuh kita. Tumbuhan ini dianggap gulma karena ia tumbuh dan menyebar di persawahan sehingga mengganggu bagi para petani. Karena memang habitat hidup genjer adalah di area yang memiliki perairan dangkal seperti sawah atau rawa, dan biasanya bisa ditemukan hidup bersama eceng gondok.

Tumbuhan genjer
Sumber gambar: id.wikipedia.org
Apa perbedaan genjer dengan eceng gondok? Meskipun sama - sama hidup di perairan, namun kedua tumbuhan itu sangatlah berbeda. Dari bentuk fisik saja sudah jauh berbeda. Genjer memiliki tangkai yang tegak dan berlubang, sehingga daunnya berada jauh di atas air serta tanaman ini tidak mengambang di air. Sedangkan eceng gondok tidak memiliki tangkai yang panjang, mengambang di air dan daunnya dekat dengan air. Nah setelah kita mengetahui beberapa hal tentang fisik dan tempat hidup genjer, sekarang Ubul akan membahas sedikit tentang kandungan nutrisi yang dikandungnya.

Kandungan nutrisi genjer


Meskipun pernah menyandang predikat sebagai "sayuran orang miskin", namun ternyata kandungan nutrisi yang terdapat didalam sayur genjer tidak kalah dengan "sayuran orang kaya", meskipun Ubul sendiri tak tau yang mana tepatnya "sayuran orang kaya" tersebut. Beberapa kandungan sayur genjer antara lain karbohidrat, protein, kalsium, zat besi serta kaya akan fosfor dan energi.

Khasiat tumbuhan genjer


Berdasarkan beberapa kandungan yang sudah Ubul tuliskan diatas, tentunya sayuran ini juga memiliki beberapa manfaat atau khasiat yang diantaranya adalah :

Sebagai Antibiotik Alami


Selain beberapa kandungan nutrisi yang sudah Ubul tulis diatas, ternyata genjer memiliki kandungan lain yang juga berguna bagi tubuh, yakni senyawa flavonoid. Menurut sumber yang Ubul baca, senyawa flavonoid dapat berguna sebagai antibiotik karena berperan sebagai anti mikroba dan bahkan juga anti kanker.

Mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker


Seperti yang sudah Ubul tulis diatas, dalam genjer terdapat flavonoid yang bisa berperan sebagai anti kanker. Namun flavonoid bukan satu - satunya senyawa anti kanker yang bisa ditemukan pada tumbuhan genjer. Polifenol, adalah salah satu senyawa lain yang terkandung dalam tumbuhan gulma ini. Menurut sumber yang Ubul baca, konon senyawa polifenol dapat mengurangi resiko penyakit jantung, serta kanker. Polifenol juga dikenal sebagai senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, membantu menjaga sel - sel dalam tubuh kita dari kerusakan.

Sayuran sumber serat yang baik


Ya, ini juga tidak kalah penting dibandingkan beberapa manfaat yang sudah Ubul tulis diatas. Tumbuhan yang memiliki nama latin Limnocharis flava ini adalah sumber serat yang baik, dimana seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa serat dikenal sangat baik untuk dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan kita. Bahkan konon tumbuhan ini juga bisa mengatasi sembelit jika kita mengkonsumsinya

Nah mungkin itu saja beberapa manfaat dari tumbuhan genjer yang bisa Ubul bahas di posting ini. Mungkin masih ada beberapa manfaat lain yang tidak Ubul tuliskan disini, tetapi Ubul rasa semua itu sudah cukup untuk mewakili sebagian besar manfaat dan khasiat yang dikandungnya.

Satu lagi contoh kecil kekayaan alam yang bisa kita manfaatkan. Meskipun dianggap memiliki dampak negatif (karena dianggap gulma atau tanaman pengganggu) dan menyandang status yang buruk (sayuran orang miskin), ternyata jika dimanfaatkan sayuran ini dapat memiliki khasiat yang tidak kalah pentingnya dengan "sayuran orang kaya" lainnya. Dan ini merupakan bukti bahwa tidak ada satu pun ciptaan-Nya yang tidak berguna, hanya kita saja yang belum mengetahuinya.

Untuk itu tidak lupa Ubul mengingatkan untuk senantiasa menjaga dan melestarikan alam disekitar kita, agar kita dapat menikmati segala kekayaan yang ada di dalamnya setiap saat. Kontribusi yang kecil saja sudah cukup, misalnya dengan tidak ikut mencemari lingkungan sekitar kita. Karena jika bukan kita yang menjaga alam atau lingkungan kita, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi : Wikipedia, rinaa10, Manfaat Sayur Genjer

1 comments :

  1. ada yang bilang genjer bisa meredakan penyakit mag. apa itu br tolong jabab

    ReplyDelete