Manfaat Dan Kandungan Buah Sawo

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Dan Kandungan Buah Sawo

Ditulis oleh: -

Manfaat Dan Kandungan Buah Sawo - Waah sebentar lagi musim buah sawo nih! Kok tau? Ya jelas tau donk, di sekitaran tempat Ubul tinggal ada sebuah pohon sawo yang tumbuh di sebuah tanah kosong. Di pohon itu sudah nampak bermunculan buah sawo yang masih kecil-kecil. Waah bakal jadi incaran Ubul tuh. Semoga aja itu pohon gak ada yang punya hihihi :P

Buah sawo
Buah ini memang sudah lama menjadi salah satu favorit Ubul, dan memang banyak orang khususnya orang Asia yang menyukai buah yang satu ini. Buah ini memiliki bentuk bulat seperti bola dan terkadang agak lonjong (oval) dan agak keras ketika masih muda. Namun ketika sudah matang, daging buahnya yang berwarna coklat akan melunak dan rasanya manis lembut. Kita akan dapat merasakan daging buah yang terasa memiliki serat-serat lembut dan mudah hancur ketika kita memakannya.

Beberapa orang menyebut buah ini sebagai sawo manila, dan dalam bahasa Inggris ia disebut sebagai sapodilla. Hemm Ubul jadi penasaran tentang apa aja sih kandungan nutrisi dan manfaat buah ini bagi kesehatan kita? Yuk kita intip sama-sama :D

Nutrisi Buah Sawo

Nutrisi buah sawo
Menurut om Wikipedia, buah yang memiliki nama latin Manilkara zapota ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Bahkan sedikit lebih tinggi dari kandungan vitamin C yang dimiliki oleh tomat. Beberapa vitamin yang yang dimilikinya adalah B2 (riboflavin), B3 (Niacin), B5 (Asam Pantothenic), B6, dan B9 (Folat). Ia juga mengandung karbohidrat dan serat yang cukup tinggi. Selain itu ia juga memiliki beberapa kandungan mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, sodium dan seng.

Manfaat Bagi Kesehatan

Nah berdasarkan kandungan-kandungan nutrisi yang sudah Ubul sebutkan tadi, kita akan dapat merasakan beberapa manfaat bagi tubuh kita setelah kita memakannya. Diantaranya adalah:

Baik Untuk Daya Tahan Tubuh

Siapa sih yang mau sakit? Semua orang pasti menginginkan tubuhnya selalu sehat. Nah salah satu cara untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi vitamin C, dimana sawo juga memilikinya. Vitamin C dikenal sebagai antioxidan yang baik dan dapat meningkatkan imunitas tubuh kita terhadap berbagai serangan penyakit khususnya flu. Vitamin ini juga baik untuk melawan infeksi serta membantu menjaga sel-sel dalam tubuh kita dari kerusakan.

Mencegah Anemia

Seperti yang kita tau, anemia disebabkan karena kurangnya keping darah merah dalam aliran darah kita. Dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi zat besi yang juga terdapat pada buah sawo. Zat besi akan membantu proses pembentukan keping darah merah.

Membantu Proses Pembentukan Tulang

Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, buah yang biasa tumbuh di area dataran rendah ini diketahui juga memiliki beberapa mineral penting untuk proses pembentukan tulang seperti kalsium, magnesium dan fosfor.

Membantu Mencegah Kanker

Secara teori memang vitamin C yang juga dimiliki oleh buah yang satu ini merupakan zat antioxidan yang cukup kuat untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan pada sel dalam tubuh kita. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel normal dan akan merusak fungsi dari sel tersebut.

Selain hal-hal yang sudah Ubul sebutkan diatas sebenarnya masih ada beberapa manfaat lain yang bisa kita temukan pada buah sawo. Namun Ubul rasa itu semua sudah cukup untuk mewakili keseluruhannya. Sekali lagi, kita tidak boleh meremehkan manfaat yang tersimpan di alam yang tersebar melalui buah dan sayur yang tumbuh diantaranya. Maka tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga dan melestarikan alam di sekitar kita. Tidak perlu melakukan hal besar, cukup dengan tidak ikut memperparah keadaannya saja sudah sangat bagus. Dan kontribusi kecil yang kamu lakukan akan sangat besar manfaatnya bagi kita semua.

Karena kalau bukan kita yang menjaga alam kita, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Sumber referensi : Wiki Fitness, Wikipedia
Image credit : Wikipedia

0 comments "Manfaat Dan Kandungan Buah Sawo", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment