Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Ditulis oleh: -

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan - Buah yang satu ini bisa dibilang cukup unik. Meski tergolong dalam buah-buahan, ia lebih sering digunakan atau dimanfaatkan sebagai sayuran atau bumbu masakan karena memang rasanya kurang begitu manis sehingga kurang cocok untuk dimakan sebagai buah. Uniknya lagi, kita akan sangat sulit menemukannya di toko-toko buah namun ia justru lebih sering dijual oleh para pedagang sayuran. Mungkin hal itulah yang membuat beberapa orang bingung untuk mengkategorikan tomat sebagai buah atau sayur.

Tomat segar
Meski sering digunakan untuk bahan masakan, sebenarnya tomat bisa dimakan langsung. Masakan atau makanan yang dicampur dengan tomat biasanya akan terasa lebih segar. Nah dibalik kesegarannya itu, tentu saja ia juga memiliki beberapa kandungan nutrisi yang ternyata baik bagi kesehatan kita. Apa sajakah itu?

Kandungan Dalam Tomat

Kandungan tomat
Tomat dikenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, tapi apakah hanya itu yang dimiliki oleh tomat? Tentu saja tidak. Vitamin A, E, dan K juga bisa kita temui dalam satu buah tomat. Tomat juga memiliki beberapa kandungan mineral penting seperti magnesium, mangan, fosfor serta potassium serta sedikit karbohidrat, gula dan juga serat. Tidak hanya itu saja, ia juga diketahui memiliki kandungan lycopene yang dikenal sebagai salah satu senyawa paling kuat yang berperan sebagai antioxidan. Nah berdasarkan kandungan yang sudah Ubul sebutkan tersebut, kita akan mendapatkan beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya. Diantaranya adalah:

Baik Untuk Kesehatan Kulit

Menurut sumber yang Ubul baca, mengkonsumsi tomat secara berkala akan membantu menjaga kulit kita dari paparan Ultra Violet yang dipancarkan sinar matahari sehingga mencegah kulit kita terbakar ketika berada di bawah sinar matahari. Beberapa juga menyebutkan bahwa tomat akan menjaga kesegaran kulit serta mencegah penuaan dini.

Mencegah Dan Mengatasi Sariawan Serta Panas Dalam

Ini adalah pengalaman dari Ubul sendiri. Biasanya ketika Ubul menderita sariawan atau panas dalam, Ubul akan memakan satu atau beberapa buah tomat segar. Meskipun terkadang terasa sangat perih, namun hal ini sangat efektif untuk cepat menyembuhkan sariawan. Dalam dua atau tiga hari saja sariawan akan hilang. Mungkin hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada tomat

Melawan Sel Kanker

Seperti yang sudah Ubul sebutkan diatas, buah yang kaya akan kandungan air ini juga memiliki senyawa lycopene yang berfungsi sebagai antioxidan. Artinya ia akan membantu mencegah kerusakan pada sel-sel dalam tubuh kita akibat paparan radikal bebas. Perpaduan antara lycopene, vitamin C, serta beta karoten pada buah tomat juga konon dapat berperan untuk mencegah dan melawan sel-sel kanker seperti kanker prostat dan kanker payudara.

Tips Mengkonsumsi Tomat

Nah ketika Ubul sedang mencari-cari referesi soal buah ini, Ubul menemukan beberapa tips menarik yang mungkin bisa bermanfaat bagi kamu para pembaca sekalian. Jika kamu ingin mendapatkan kandungan lycopene yang maksimal dari buah tomat, pilihlah tomat matang yang memiliki sedikit kandungan air dan berwarna merah hingga merah tua. Lycopene akan memberikan warna merah pada tomat, sehingga tomat yang berwarna merah diindikasikan memiliki kandungan lycopene yang lebih banyak.

Tubuh kita akan lebih mudah menyerap lycopene jika sebelumnya tomat telah diproses (dimasak) dengan dipanaskan menggunakan minyak (misalnya minyak zaitun atau minyak lainnya). Namun demikian suhu yang panas ketika melakukan proses memasak tersebut akan mengurangi kadar vitamin C pada tomat, sehingga akan lebih baik jika kita memadukan antara keduanya yakni tomat segar plus tomat yang diproses dengan minyak.

Nah itulah beberapa hal yang bisa Ubul sampaikan soal buah tomat. Meski sering dianggap sepele ternyata ia memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita bukan? Dan ini merupakan salah satu hasil dari kekayaan alam, maka tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga dan melestarikan alam di sekitar kita. Tidak perlu melakukan hal besar, cukup dengan menghindari untuk ikut memperparah keadaannya saja sudah cukup. Dan kontribusi kecil dari kamu akan sangat bermanfaat bagi alam sekitar kita. Karena kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Sumber referensi: Wikipedia, Netdoctor

0 comments "Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment