Kandungan, Manfaat Dan Dampak Buruk Kubis (Kol)

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Kandungan, Manfaat Dan Dampak Buruk Kubis (Kol)

Ditulis oleh: -

Kandungan, Manfaat Dan Dampak Buruk Kubis (Kol) - Sayuran yang satu ini sering kali kita temui pada berbagai jenis masakan seperti sup dan capcay misalnya. Di beberapa tempat, sayuran ini juga sering kali dijadikan campuran pada kuah bakso. Dan bahkan juga sering disajikan dalam keadaan segar sebagai lalapan pada ayam goreng ataupun lele. Waah Ubul jadi laper nih :D

Sayur kubis
Sayuran yang Ubul maksud disini adalah kubis atau beberapa orang juga biasa menyebutnya sebagai kol yang diambil dari bahasa Belanda "kool". Meski sering digunakan dalam berbagai makanan atau masakan, faktanya sedikit sekali orang yang menjadikan kubis sebagai sayuran favoritnya. Bahkan tidak jarang Ubul menemui orang yang menghindari sayuran ini karena takut dengan efek negatif yang dapat ditimbulkannya. Hemm memangnya apa sih efek negatif yang bisa ditimbulkan jika kita memakan kol?

Ubul pun mencoba mencari tau lebih lanjut soal sayuran berwarna hijau pucat ini di internet dan menemukan beberapa informasi soal manfaat dan efek negatif yang dapat ditimbulkannya. Nah pada posting kali ini Ubul akan sedikit berbagi soal informasi yang Ubul dapatkan tersebut.

Efek Negatif Memakan Kubis

Setelah Ubul membaca kesana kemari, ternyata memang sayuran ini memiliki senyawa tertentu yang dapat merangsang pembentukan gas pada lambung. Sehingga jika kita terlalu banyak memakannya kita akan merasa kembung pada perut. Maka tidak heran jika tidak sedikit orang yang menghindarinya, khususnya bagi mereka yang mengalami masalah pada lambung seperti penderita maag misalnya.

Meski memiliki dampak negatif, ternyata sayuran ini memiliki beberapa kandungan serta manfaat yang mungkin tidak diduga oleh kebanyakan orang. Apa sajakah itu? Yuk kita simak!

Kandungan Sayur Kubis

Kandungan nutrisi pada sayur kubis
Menurut sumber yang Ubul baca, sayuran yang memiliki nama latin Brassica oleracea L ini merupakan sumber yang sangat baik akan vitamin K dan C. Ia juga memiliki kandungan vitamin B6 dan folat yang cukup signifikan. Selain beberapa kandungan diatas, kol juga membawa beberapa sumber mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, mangan, sodium, seng, thiamine, riboflavin, serta serat.

Dan tentu saja berdasarkan kandungan-kandungan tersebut, ia memiliki beberapa manfaat yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Sayuran Yang Baik Untuk Otak

Kandungan vitamin K yang tinggi pada kubis konon dapat membantu kita untuk lebih berkonsentrasi. Ia juga berperan untuk mencegah kerusakan pada saraf kita.

Selain itu vitamin tersebut juga dikenal sangat baik untuk pembekuan darah saat kita sedang terluka dimana luka akan cepat tertutup sehingga darah tidak lagi mengucur keluar. Mungkin ia juga dapat digunakan untuk mengobati luka yang ditinggalkan oleh sang mantan #SalahFokus #Abaikan

Melawan Racun Dalam Tubuh

Konon sudah sejak lama bangsa Romawi menggunakan sayuran ini sebagai penangkal efek alkohol bagi mereka yang meminum minuman beralkohol terlalu banyak sehingga akan membantu "mengembalikan kesadaran" bagi mereka yang mabuk. Bangsa Yunani kuno pun merekomendasikan untuk menggunakan kubis yang telah dijadikan jus sebagai penawar dari keracunan beberapa jenis jamur.

Hal itu mungkin tidak lepas dari kandungan vitamin C nya yang bisa dibilang cukup tinggi. Vitamin ini juga dikenal sebagai antioxidan yang ampuh untuk melawan radikal bebas serta membantu menjaga jaringan tubuh kita agar tetap sehat.

Untuk Menjaga Tekanan Darah

Kandungan potassium yang dimilikinya konon dapat membantu untuk "membuka" pembuluh darah sehingga akan memudahkan atau melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh kita. Artinya ia akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah.

Manfaat Lainnya

Beberapa sumber menyebutkan bahwa dahulu di China sayuran kubis ini digunakan untuk mengobati dan mencegah kebotakan pada pria. Konon ia juga dapat berperan untuk mencegah tumbuhnya sel tumor dan kanker pada tubuh kita. Beberapa sumber juga mengatakan sayuran ini baik untuk kesehatan kulit serta membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit khususnya wajah.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kita temukan pada sayuran kubis yang bisa Ubul bagikan pada posting kali ini. Namun perlu Ubul ingatkan kembali bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan justru akan berbalik dan menjadi racun bagi tubuh kita sehingga kita harus tetap menjaga takarannya ketika ingin mengkonsumsi sayuran ini.

Satu lagi hasil dari kekayaan alam yang bisa kita manfaatkan. Dan tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu membantu menjaga dan melestarikan alam di sekitar kita. Tidak perlu melakukan hal besar, cukup dengan mencegah untuk ikut memperparah keadaannya saja sudah cukup. Karena kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Sumber: Care2, Wikipedia

0 comments "Kandungan, Manfaat Dan Dampak Buruk Kubis (Kol)", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment