Manfaat Buah Markisa

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Buah Markisa

Ditulis oleh: -

Buah Markisa
Sumber gambar: www.jurnalkesehatan.info
Manfaat Buah Markisa - Hemm, kemarin Ubul mendapat kiriman dari tetangga berupa beberapa buah berbentuk bulat dengan kulit licin mulus dan sedikit keras yang jika dibuka kulitnya akan ditemukan banyak biji berwarna hitam yang diselimuti sejenis selaput dan berisi air. Buah apakah itu? Ada yang tau? Buah ini cukup terkenal di Indonesia meskipun bukan merupakan tumbuhan asli Indonesia, melainkan berasal dari wilayah dengan iklim tropis dan subtropis di Amerika. Isi dari buah itu terasa asam jika dimakan. Masih ada yang belum tau? Buah itu adalah markisa!

Markisa dapat tumbuh di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Dengan markisa kuning atau yang memiliki nama latin passiflora flavicarva yang dapat tumbuh subur di dataran rendah, dan markisa ungu yang memiliki nama latin passiflora edulis pada dataran tinggi. Tapi bagaimana cara memakan markisa mengingat isi dari buahnya kebanyakan adalah biji?

Dan apakah biji markisa bisa dimakan? Menurut beberapa orang dan beberapa sumber yang pernah Ubul ketahui, biji dari buah ini juga bisa dimakan dan mengandung serat yang tentunya baik untuk pencernaan. Meskipun rasanya asam, ternyata buah ini memiliki beberapa manfaat yang manis jika dikonsumsi. Berikut adalah beberapa manfaat buah markisa yang sudah Ubul rangkum dari beberapa sumber :

Dari rasanya saja, sudah bisa ditebak bahwa buah ini mengandung vitamin C. Ya, vitamin yang identik dengan rasa asam itu terkandung dalam buah markisa dalam dosis yang cukup besar. Ini akan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit dan baik untuk pemulihan kondisi tubuh setelah menderita sakit. Kandungan vitamin C pada markisa berfungsi sebagai antioksidan. Selain menjaga daya tahan tubuh, antioksidan juga dapat memmbuang racun pada tubuh serta efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Konon, buah ini juga baik untuk penderita asma serta insomnia. Ada yang tidak tau apa itu insomnia? Insomnia adalah keadaan dimana kita mengalami susah tidur. Kandungan beberapa vitamin B dan potassium dalam buah markisa dapat menenangkan dan membuat syaraf menjadi lebih rileks. Nah rileks adalah syarat utama untuk dapat tidur nyenyak bukan? Dan menurut sumber yang Ubul baca, buah ini memiliki zat yang dapat memblokir histamin yang menyebabkan gejala penyakit asma.

Buah ini juga baik untuk diet. Ingat dengan yang sudah Ubul tulis diatas? Ya, markisa kaya akan serat alami yang baik untuk pencernaan. Selain itu, buah markisa memiliki kandungan kalori yang cukup rendah dan memiliki kadar lemak yang rendah.

Kemarin Ubul juga mencoba memakan buah ini, dan kebetulan Ubul sedang sakit tenggorokan karena terlalu banyak makan gorengan. Rasa asam pada buah markisa yang melewati tenggorokan Ubul terasa segar dan terasa sedikit meringankan rasa sakit tenggorokannya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi khasiat dari buah markisa, yang tidak Ubul tuliskan di blog ini. Dan ini merupakan salah satu persembahan dari alam untuk kita dimana alam sangat penting dan wajib untuk kita jaga agar tetap dapat menghasilkan manfaat - manfaat lain yang ada di dalamnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua :)

Referensi : Wikipedia, dan sumber lainnya dari Google (entah yang mana yang asli)

0 comments "Manfaat Buah Markisa", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment