Manfaat Buah / Biji Mahoni

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Buah / Biji Mahoni

Ditulis oleh: -

Manfaat Buah / Biji Mahoni - Mahoni, jika mendengar nama itu kemungkinan besar yang terlintas di benak anda adalah sesuatu yang berkaitan dengan kayu atau segala sesuatu yang berhubungan dengan mebel bukan? Ya, mahoni memang cukup terkenal dengan kayu nya yang kuat sehingga sering digunakan untuk keperluan mebel termasuk untuk ukiran. Konon pohon ini dulunya banyak ditemukan di pinggir jalan di daerah Jawa yang bertujuan atau berfungsi sebagai peneduh jalan. Tapi ketika Ubul berjalan-jalan di sekitaran pulau Jawa, Ubul hanya sesekali saja menemukan atau melihat pohon ini.

Entah karena sudah ditebangi, atau memang di daerah tersebut jarang ditanami pohon mahoni. Ubul kurang tau pasti. Yang jelas, jika faktanya adalah pohon ini memang ditebangi, tentunya akan sangat disayangkan karena pohon ini memiliki begitu banyak manfaat termasuk buah atau biji nya.

Biji pohon mahoni
Sumber gambar: bethieraevlecya.blogspot.com
Ya, biji mahoni memiliki khasiat yang sangat baik untuk kita, meskipun rasanya yang pahit membuat kita enggan mengkonsumsinya. Konon kabarnya, pada tahun '70-an biji dari pohon mahoni banyak dicari orang untuk dijadikan sebagai obat. Rematik, malaria, demam, masuk angin dan lain sebagainya dapat diatasi dengan mengkonsumsi biji tersebut. Cara mengkonsumsinya pun seperti meminum tablet biasa, yakni dengan cara langsung menelannya (euh >,<).

Dan faktanya, zat yang terkandung dalam biji mahoni antara lain flavonoid dan saponin memang sangat baik untuk beberapa penyakit yang Ubul sebutkan diatas.

Flavonoid berguna untuk melancarkan peredaran darah, salah satunya dengan cara mengurangi timbunan lemak pada dinding pembuluh darah sehingga memang baik untuk penderita rematik yang salah satu penyebabnya adalah karena tersumbatnya aliran darah. Selain itu, zat ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan juga berfungsi sebagai anti oksidan untuk menghalau radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.

Sedangkan saponin dapat berguna untuk mengurangi lemak dalam tubuh, dan dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga sangat baik untuk penderita diabetes. Selain itu, saponin juga dapat menguatkan fungsi hati dan memperlambat proses pembekuan darah sehingga peredaran darah semakin lancar.

Namun perlu diingat bahwa zat-zat tersebut hanya akan bermanfaat secara optimal dengan dosis - dosis tertentu tergantung pada tingkatan penyakit yang diderita. Dan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter agar tidak terjadi overdosis. Karena segala zat yang dikonsumsi melebihi kapasitas yang seharusnya (overdosis) akan menjadi racun dalam tubuh kita.

Nah sangat bermanfaat bukan biji dari pohon mahoni? Seperti buah dengan rasa pahit lainnya yaitu buah pare, ternyata memang khasiat yang dikandung kedua buah ini tidak sepahit rasanya. Pohonnya pun juga sangat berguna bagi kehidupan kita, meskipun cara atau bentuk pemanfaatannya yang berbeda (bukan dengan dimakan atau diminum).

Manfaat pohon mahoni adalah sebagai peneduh jalan seperti yang sudah Ubul ungkapkan diatas. Kenapa pohon mahoni yang dipilih? Karena sifat dari pohon ini yang mampu bertahan hidup pada tanah gersang dan mampu mengurangi atau menyerap polusi udara sehingga udara disekitarnya menjadi segar dan tentunya sangat cocok untuk ditanam dipinggir jalan. Oleh karena itu sangat disayangkan jika pohon ini (dan juga pohon lainnya) ditebangi hanya karena untuk keuntungan segelintir orang semata, atau justru dianggap sebagai "pengganggu" terutama untuk pohon yang memang ditanam dipinggir jalan.

Jagalah alam beserta isinya, karena kita semua hidup dari alam dan alam sudah memberikan banyak manfaat untuk kita seperti contoh biji mahoni ini. Semoga semakin banyak yang mulai sadar akan pentingnya kelestarian alam :)

0 comments "Manfaat Buah / Biji Mahoni", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment