Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan

Ditulis oleh: -

Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan - Lebaran baru saja berlalu, dan sebentar lagi pun masa liburan akan segera berakhir. Biasanya orang-orang yang merayakan lebaran di Indonesia memiliki beberapa tradisi yang sudah dilakukan secara turun-temurun, salah satunya adalah saling mengunjungi orang-orang terkasih untuk bersilaturahmi. Nah biasanya sang tuan rumah akan menyajikan berbagai macam cemilan untuk menjamu para tamu yang mampir ke kediaman mereka mulai dari kue kering hingga penganan praktis seperti kacang mete atau kacang mente (beberapa orang juga menyebutnya sebagai kacang mede).

Kacang mete
Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya banyak disukai sebagai cemilan. Maka tidak heran bukan jika ia sering disuguhkan untuk menjamu para tamu? Tidak hanya untuk dimakan langsung, kacang ini juga sering kali digunakan sebagai bahan campuran untuk makanan atau cemilan lain seperti kue ataupun coklat batangan.

Kandungan nutrisi kacang mete
Nah kepopuleran dari kacang ini membuat Ubul tertarik untuk mencari tau apa sajakah kandungan nutrisi serta manfaat dari kacang mete ini. Segera setelah menghabiskan stok kacang mete di rumah tetangga Ubul selesai bersilaturahmi, Ubul bergegas untuk mencari tau di internet.

Sejatinya kacang ini merupakan biji tunggal dari buah sejati pada jambu monyet dan bukan merupakan jenis dari kacang-kacangan. Buah sejati yang dimaksud disini adalah bagian keras dari jambu monyet yang biasanya terdapat dibagian bawah. Sedangkan bagian lunak yang biasanya berwarna merah atau kuning dan biasa disebut sebagai jambu monyet sebenarnya adalah dasar bunga yang mengembang. Menariknya lagi meski ia disebut sebagai "biji dari jambu monyet", ternyata ia juga bukan merupakan jenis jambu-jambuan loh.

Menurut sumber yang Ubul baca, tumbuhan dari buah ini lebih dekat kekerabatannya dengan mangga. Waah tapi kok nggak mirip sama sekali ya? Entahlah. Nah dibalik fakta unik tentangnya, ternyata biji dari jambu monyet ini memiliki berbagai macam kandungan gizi yang baik bagi tubuh kita. Seperti yang bisa dilihat pada tabel diatas, kacang mete memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, ditambah dengan protein, gula, kalsium, magnesium, fosfor, serta berbagai macam vitamin dan mineral lainnya.

Baik Untuk Jantung

Meski tadi disebutkan bahwa ia memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, faktanya jumlah ini ternyata lebih sedikit dibanding jumlah lemak yang bisa ditemukan pada kacang lainnya. Lemak pada kacang mede bersifat baik dan konon tidak berpengaruh banyak pada berat badan. Sebagian besar dari lemak ini berbentuk asam oleat, lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan jantung yang juga bisa kita temukan pada minyak zaitun. Ia juga mengandung magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah sehingga menurunkan resiko serangan jantung.

Untuk Tulang Dan Sendi

Selain kalsium, magnesium yang banyak terkandung pada kacang ini juga dapat berperan baik bagi kesehatan tulang. Dan menurut sumber yang Ubul baca, ia juga memiliki kandungan tembaga yang berperan penting untuk fungsi enzim yang terlibat dalam penggabungan kolagen dan elastin yang berguna untuk memberikan substansi dan fleksibilitas pada sendi.

Manfaat Lainnya

Selain kedua manfaat penting diatas, kacang mete juga memiliki beberapa manfaat lain yang dapat ditemukan seperti misalnya untuk membantu proses pigmentasi pada rambut dan kulit. Kandungan magnesium yang tinggi juga baik untuk sistem syaraf kita agar lebih rileks. Perlu diketahui bahwa kekurangan magnesium pada tubuh dapat menyebabkan otot kaku, tekanan darah meningkat dan juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Namun meski memiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagi tubuh, Ubul tetap tidak menyarankan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan karena segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan justru akan menjadi racun bagi tubuh kita. Nah mungkin itu saja sedikit manfaat dan kandungan nutrisi pada kacang mete yang bisa Ubul bagikan pada posting kali ini.

Tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga kelestarian alam kita minimal dengan tidak ikut untuk memperparah keadaannya agar kita dapat terus menikmati berbagai manfaat alam yang tersimpan didalamnya, dalam hal ini termasuk juga kacang mete yang merupakan salah satu hasil alam. Karena jika bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? :)

Ubul si Ulet Bulu :)

Referensi artikel dan sumber gambar: Eat This!Wikipedia

0 comments "Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment