Manfaat Buah Belimbing, Kandungan Nutrisi Serta Bahayanya

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Buah Belimbing, Kandungan Nutrisi Serta Bahayanya

Ditulis oleh: -

Manfaat Buah Belimbing, Kandungan Nutrisi Serta Bahayanya - Waktu Ubul masih kecil (sekarang juga masih kecil kok :D) Ubul sering kali bermain ke rumah tetangga untuk memetik buah belimbing yang ada disana, dengan ijin sang pemilik pohon tentunya. Ya, buah ini memang sangat menyegarkan jika dikonsumsi terutama jika cuaca sedang panas.

Buah belimbing
Sumber gambar: www.livebetteramerica.com
Nah, karena sering mengkonsumsinya, Ubul memutuskan untuk mencari tau seluk beluk tentang buah belimbing ini, mulai dari kandungan nutrisi, manfaat hingga bahaya mengkonsumsinya. Dan di posting kali ini, Ubul akan membagikan beberapa hal tersebut kepada pembaca sekalian agar pembaca juga dapat mengetahui hal - hal yang menyangkut tentang belimbing.

Kandungan nutrisi buah belimbing


Menurut sumber yang Ubul baca, beberapa kandungan gizi atau nutrisi pada buah yang memiliki bentuk khas, unik, seperti bintang ini bermacam - macam. Salah satunya adalah vitamin C, kandungan yang paling dominan pada buah ini. Vitamin lain yang terkandung di dalamnya adalah vitamin A, dan E meskipun jumlahnya tidaklah banyak. Selain itu, beberapa kandungan lain seperti serat, potassium dan magnesium juga terdapat di dalamnya.

Khasiat buah belimbing


Berasarkan beberapa kandungan nutrisi yang sudah Ubul tulis diatas, buah yang jika sudah matang akan berwarna kuning kehijauan ini memiliki beberapa manfaat atau khasiat bagi tubuh kita jika kita mengkonsumsinya. Beberapa diantaranya adalah :

Buah yang cocok dimakan saat diet karena rendah kalori


Buah dari tanaman yang biasa tumbuh di daerah tropis ini adalah salah satu buah yang memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Konon menurut sumber yang Ubul baca, pada tiap 100g buah belimbing hanya menghasilkan 31 kalori, dimana hal ini menunjukkan bahwa buah belimbing memiliki kandungan kalori yang jauh lebih rendah daripada buah - buahan tropis lainnya. Jadi buah ini sangat tepat dikonsumsi disaat cuaca sedang panas untuk menyegarkan tenggorokan, tanpa perlu khawatir berat badan anda akan bertambah drastis.

Untuk membantu menjaga daya tahan tubuh


Selain rendah kalori, buah belimbing juga kaya akan vitamin C, seperti yang sudah Ubul tuliskan diatas. Seperti yang kita ketahui, vitamin yang identik dengan rasa asam ini sangat berguna untuk membantu menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap sehat dan fit. Vitamin ini juga berperan penting pada proses regenerasi atau untuk mempercepat penyembuhan. Vitamin C juga berperan sebagai anti oksidan alami yang gunanya adalah untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel - sel dalam tubuh kita,

Buah yang baik untuk kesehatan pencernaan


Ya, buah yang menjadi icon kota Depok, Jawa Barat ini memiliki lapisan kulit berupa lilin yang jika dimakan akan memberikan asupan serat makanan yang baik. Seperti yang kita ketahui, serat dikenal sangat baik untuk kelancaran dan kesehatan penernaan kita. Namun bukan itu saja, serat juga dipercaya mampu mencegah penyerapan kolesterol LDL makanan yang terjadi di dalam usus, meskipun bagi orang yang menderita kolesterol tinggi TIDAK DIANJURKAN untuk memakannya (Baca di bagian bahaya belimbing bagi kesehatan di bagian bawah artikel ini). Tidak hanya itu saja, konon serat juga dipercaya dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker usus, karena dapat membantu melindungi selaput lendir usus besar dari zat beracun dengan cara mengikat bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker di usus besar.

Kaya vitamin dan mineral lain


Selain beberapa kandungan yang sudah Ubul tulis diatas, di dalam buah belimbing terdapat berbagai macam kandungan mineral penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperi vitamin B kompleks, kalium, fosfor, seng, zat besi dan lainnya, dimana kalium bagian penting dari sel dan cairan tubuh.

Bahaya belimbing bagi kesehatan


Dibalik semua manfaat itu ternyata belimbing juga dapat berbahaya bagi kesehatan terutama untuk orang yang memiliki penyakit tertentu. Namun tidak mengherankan, karena memang zat apapun yang dikonsumsi secara berlebihan (overdosis) akan berubah menjadi racun dalam tubuh kita. Jadi konsumsilah belimbing (dan makanan lain) secukupnya saja.

Buah yang harus dihindari penderita diabetes dan gangguan ginjal


Ya, belimbing masuk kedalam kategori bahaya untuk dikonsumsi jika orang yang mengkonsumsinya memiliki beberapa penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi dan gangguan pada ginjal. Hal ini disebabkan karena konon belimbing memiliki kandungan gula yang tinggi (menurut Wikipedia) meskipun ada juga yang menyebutkan bahwa buah ini aman karena rendah kalori (menurut nutrition and you). Namun Ubul sarankan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu kepada dokter sebelum mengkonsumsinya.

Bagi penderita gangguan fungsi ginjal juga sangat disarankan untuk menghindari mengkonsumsi buah belimbing. Hal ini disebabkan karena dalam buah ini mengandung asam oxalat, yang konon dapat memicu terjadinya pembentukan batu ginjal. Konsumsi yang perlebihan pada penderita gangguan fungsi ginjal dapat mengakibatkan gagal ginjal. Disamping itu, jika anda mengkonsumsi obat tertentu juga sebaiknya menghindari buah ini, karena beberapa senyawa yang terkandung di dalam buah belimbing dapat bereaksi negatif terhadap beberapa kandungan pada obat (tertentu) yang mengakibatkan efek samping atau bahkan keracunan. Dan sekali lagi Ubul sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan terlebih dahulu.

Nah mungkin itu saja yang bisa Ubul sampaikan tentang beberapa manfaat dan bahaya buah belimbing. Meskipun mengandung bahaya, namun buah ini tentu tetap bermanfaat bagi kesehatan kita. Dan ini adalah salah satu hasil dari kekayaan alam kita. Maka dari itu tidak bosan Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga dan melestarikan alam disekitar kita agar kita senantiasa dapat menikmati berbagai hasil kekayaan alam ini. Tidak harus melakukan hal besar, dengan menghindari untuk ikut mencemarinya saja anda sudah berkontribusi dalam menjaga alam di sekitar kita (setidaknya tidak ikut memperparah). Kalau bukan kita yang menjaga alam kita sendiri, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi : Wikipedia, www.nutrition-and-you.com

2comments :

  1. nice share bro, indeed starfruit is very delicious and have so many benefits for health.

    http://oursmartinfo.blogspot.com/2013/10/benefits-of-carambola-star-fruit-for.html
    http://lobbyinfo.blogspot.com/2013/05/manfaat-buah-belimbing-bagi-kesehatan.html

    ReplyDelete
  2. nice info, sangat berguna, thanks ya :)
    http://cintai-wanita.blogspot.com/

    ReplyDelete