Manfaat Buah Kelengkeng (Mata Kucing)

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Buah Kelengkeng (Mata Kucing)

Ditulis oleh: -

Manfaat Buah Kelengkeng (Mata Kucing) - Pembaca sekalian pasti sudah tidak asing lagi dengan buah lengkeng. Itu loh, buah yang bulat kecil - kecil yang memiliki kulit berwarna kuning kecoklatan, dan dagingnya bening, terasa sangat manis serta memiliki biji berwarna hitam. Orang juga biasa menyebutnya dengan nama buah kelengkeng atau orang melayu biasa menyebutnya dengan matakucing.

Buah "matakucing" kelengkeng
Sumber gambar: id.wikipedia.org
Biasanya buah ini dijadikan camilan pada saat berkumpul bersama keluarga entah untuk nonton bareng atau hanya untuk sekedar menemani saat santai bersama. Hemm ya, rasanya yang sangat manis serta ukuran buahnya yang "sekali gigit" memang cocok untuk dijadikan camilan.

Nah karena rasanya yang manis itulah membuat banyak orang menyukainya. Tapi ngomong - ngomong kurang lengkap rasanya jika kita belum mengetahui apa saja manfaat yang dikandung dalam buah lengkeng ini, apalagi bagi kita yang sudah sangat sering memakannya. Untuk itu, Ubul akan membagikan sedikit informasi kepada pembaca sekalian tentang apa saja kandungan dari buah kelengkeng ini.

Kandungan gizi dan nutrisi buah kelengkeng


Nah sebelum Ubul memulai untuk menginformasikan apa saja manfaat dari buah kelengkeng atau matakucing ini, terlebih dahulu Ubul akan menginformasikan sedikit tentang beberapa kandungan gizi dan nutrisi pada buah ini. Menurut sumber yang Ubul baca, buah yang memiliki rasa sangat manis ini memiliki beberapa kandungan yang diantaranya adalah serat, karbohidrat, protein, lemak, lukosa dan sukrosa. Selain itu, buah kelengkeng juga memiliki beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A, B dan C.

Khasiat buah kelengkeng atau matakucing bagi kesehatan


Berdasarkan beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang sudah Ubul tulis diatas, buah yang juga berasal dari wilaya Asia Tenggara ini memiliki beberapa khasiat atau manfaat yang bisa berguna bagi kesehatan kita, diantaranya adalah :

Menambah energi


Seperti yang sudah Ubul tulis diatas, salah satu kandungan dari buah lengkeng adalah karbohidrat. Karbohidrat dikenal sangat baik sebagai sumber energi kita. Namun sepertinya bagi anda penderita diabetes tidak disarankan untuk memakan buah ini, karena rasanya yang sangat manis dikhawatirkan akan menaikkan kadar gula dalam darah anda. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsinya.

Manfaat lain buah lengkeng


Belum banyak informasi yang Ubul dapatkan mengenai buah ini. Menurut sumber yang Ubul baca, buah yang memiliki nama latin Dimocarpus longan ini memiliki beberapa khasiat lain yang diantaranya adalah untuk mengobati sakit perut, mengurangi insomnia (susah tidur), dan mengurangi sakit kepala. Selain itu, buah yang masih berkerabat dengan buah leci ini juga dipercaya dapat melancarkan pencernaan anda, karena memiliki kandungan serat yang cukup untuk kebutuhan kita.

Nah mungkin itu saja yang bisa Ubul tuliskan pada posting kali ini. Mungkin masih banyak beberapa manfaat lain yang tidak tercantumkan pada posting kali ini, itu disebabkan karena belum banyak informasi yang Ubul dapatkan tentang buah lengkeng. Namun beberapa tulisan diatas Ubul rasa sudah cukup untuk menginformasikan sebagian besar manfaat dari buah ini.

Satu lagi buah nikmat yang bisa kita nikmati yang tentu saja berasal dari alam. Untuk itu tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga dan melestarikan alam di sekitar kita agar kita dapat terus menikmati segala manfaat dan kekayaan yang ada di dalamnya. Minimal dengan menghindari untuk ikut mencemarinya sudah sangat cukup untuk mendukung hal tersebut. Kontribusi kecil anda sangat berarti bagi alam kita. Karena jika bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi : Wikipedia (en)

0 comments "Manfaat Buah Kelengkeng (Mata Kucing)", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment