Manfaat Kacang Almond Serta Kandungan Nutrisinya

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Kacang Almond Serta Kandungan Nutrisinya

Ditulis oleh: -

Manfaat Kacang Almond Serta Kandungan Nutrisinya - Siapa sih yang tidak menyukai kue? Yum yum Ubul juga sangat menyukai kue :D. Pada beberapa jenis kue, biasanya kue diberi beberapa campuran bahan tambahan pada bagian atas atau toping nya agar terasa lebih lezat dan menarik untuk dimakan. Beberapa contoh bahan tambahan yang digunakan biasanya adalah buah - buahan seperti strawberry atau ceri dan kacang kacangan seperti kacang almond

Kacang almond, hemm ya nama itu sering Ubul dengar. Pembaca ada yang pernah mendengarnya juga? Nah pada kesempatan kali ini, Ubul ingin sedikit membahas tentang kacang yang sering digunakan untuk bahan tambahan yang digunakan untuk toping kue ini, karena kebetulan beberapa kali Ubul mendengar nama kacang itu pada acara memasak sehingga cukup membuat Ubul penasaran tentang kacang almond ini :D. Untuk pembahasan pertama, Ubul akan membahas tentang :

Kandungan nutrisi kacang almond


Menurut sumber yang Ubul baca, kandungan yang terdapat dalam kacang almond tidaklah terlalu banyak, namun tetap berguna bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam kacang almond antara lain adalah karbohidrat, serat, gula ditambah dengan beberapa vitamin antara lain vitamin E, vitamin B dan C. Ditambah dengan beberapa kandungan nutrisi lain seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, zat besi dan seng.

Almond juga mengandung banyak minyak, konon ada sekitar 49% jumlah minyak yang terkandung di dalamnya. Dimana terdiri dari asam lemak omega-9, asam lemak omega-6 dan asam palmitat. Kacang almond ternyata memiliki pohon yang cukup besar, yang konon masih berkerabat dekat dengan persik. Hal itu menimbulkan sebuah pertanyaan baru bagi Ubul

Apakah almond termasuk kacang - kacangan? Jika dilihat dari beberapa fakta yang berhubungan dengan kacang almond, menurut Ubul almond bukanlah masuk golongan kacang - kacangan. Pada dasarnya, almond atau biasa kita sebut dengan kacang almond bisa dibilang adalah sebuah biji dari buah badam (nama lain almond). Dimana pada buah tersebut dilapisi kulit di bagian luarnya, kemudian terdapat cangkang yang jika dibuka akan ditemukan sebuah biji yang bisa dimakan dan itulah yang kita sebut dengan kacang almond.

Mengapa almond disebut sebagai "kacang almond"? Menurut Ubul, hal itu mungkin saja karena yang dikonsumsi dari buah ini adalah bijinya, sama seperti kacang pada umumnya. Selain itu, tekstur dan rasanya juga mirip dengan kacang, sehingga banyak orang menyebutnya demikian. Nah Ubul sudah membahas tentang beberapa fakta tentang almond, sekarang kita akan masuk ke pembahasan selanjutnya.

Khasiat kacang almond bagi kesehatan


Nah, berdasarkan beberapa kandungan pada kacang almond seperti yang sudah Ubul tuliskan sebelumnya, kini Ubul akan berbagi sedikit ilmu tentang apa saja manfaat atau khasiat dari kacang yang biasa digunakan untuk bahan tambahan yang digunakan sebagai toping kue ini. Diantaranya adalah :

Baik untuk menurunkan kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung


Seperti yang sudah Ubul tulis diatas, kacang almond atau badam ini memiliki kandungan minyak yang cukup banyak. Namun minyak yang dikandungnya adalah jenis minyak yang sehat untuk dikonsumsi. Kandungan asam lemak tak jenuh yang cukup besar dalam kancang almond dipercaya dapat menurunkan kolesterol LDL. Sehingga secara tidak langsung akan membantu menjaga kesehatan jantung jika kita mengkonsumsinya.

Baik untuk kesehatan kulit


Kandungan vitamin E yang cukup besar pada biji dari tumbuhan yang berasal dari timur tengah ini membuatnya dipercaya untuk dapat menjaga kesehatan kulit. Karena seperti yang kita ketahui, vitamin E memang dikenal dapat membantu menjaga kulit dari proses penuaan dini. Karena vitamin E juga merupakan anti oksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas serta menjaga sel - sel tubuh kita dari kerusakan.

Sebagai pelembab kulit dan penguat rambut


Seperti yang sudah Ubul tulis sebelumnya, kandungan vitamin E serta minyak pada biji almond yang cukup kaya dipercaya dapat digunakan sebagai pelembab alami dan sangat baik terutama bagi anda yang memiliki kulit kering. Minyak tersebut dipercaya dapat meregenerasi kulit kita sehingga akan tampak lebih segar. Selain itu, konon minyak dari kacang almond dipercaya dapat memperkuat rambut kita, dengan cara mengolesi rambut kita dengan minyak murni dari kacang almond.

Mungkin masih banyak lagi manfaat lain yang tidak Ubul tuliskan disini, namun Ubul kira itu sudah cukup untuk mewakili sebagian besar dari manfaat atau khasiat yang terkandung dalam kacang almond atau badam ini.

Satu lagi hasil dari kekayaan alam yang dapat kita nikmati dan manfaatkan, untuk itu tidak lupa Ubul mengingatkan kepada pembaca sekalian untuk selalu menjaga dan melestarikan alam kita. Karena Ubul yakin masih sangat banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari alam yang sehat. Cukup dengan menghindari untuk ikut mencemarinya saja sudah cukup untuk menjaga alam kita, atau setidaknya tidak ikut memperparah kerusakannya. Kontribusi kecil anda sangat membantu alam kita ini. Karena kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

0 comments "Manfaat Kacang Almond Serta Kandungan Nutrisinya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment