Buah Durian, Kandungan Gizi Manfaat Dan Mitosnya

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Buah Durian, Kandungan Gizi Manfaat Dan Mitosnya

Ditulis oleh: -

Buah Durian, Kandungan Gizi Manfaat Dan Mitosnya - Banyak sekali orang yang menyukai buah durian, namun tidak sedikit pula orang yang justru sangat tidak menyukainya karena tidak tahan dengan aromanya yang pekat. Yups, buah yang memiliki duri di sekeliling kulit luarnya ini memang sangat kontroversial dimana banyak sekali pendapat yang dikemukakan soal buah ini mulai dari aromanya, khasiat, hingga mitos mengenai hal-hal negatif yang terdapat pada buah ini. Ya, dari segi aroma saja sudah banyak menjadi perdebatan.

Buah durian atau duren
Aroma durian yang khas dan pekat sangat disukai sekaligus dibenci karena beberapa orang menganggapnya seperti bau busuk sehingga membuat mereka muak. Bahkan di beberapa tempat seperti area perkantoran dan hotel melarang keberadaan buah ini di gedung mereka, begitu pula dengan beberapa maskapai penerbangan yang melarang untuk membawanya ke kabin pesawat karena dikhawatirkan akan dapat menimbulkan hal-hal yang tidak mengenakkan bagi mereka yang tidak menyukainya. Selain soal aroma, buah yang lebih akrab disebut dengan buah duren ini juga memiliki beberapa kontroversi soal dampak negatif yang dapat ditimbulkannya jika kita mengkonsumsinya. Beberapa mitos yang berkembang mengatakan bahwa buah ini tidak baik bagi kesehatan karena memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Apakah mitos yang menyebutkan bahwa durian mengandung kolesterol tinggi itu benar adanya? Hal ini membuat Ubul cukup penasaran karena beberapa anggota keluarga Ubul sangat menyukai buah ini sehingga Ubul memutuskan untuk mencari tau informasi lebih lanjut mengenai "raja dari segala buah" ini.

Mitos: Durian Mengandung Kolesterol?


Menurut sumber yang Ubul baca, belum ada satupun tanaman yang ditemukan mengandung atau menghasilkan kolesterol. Sehingga mitos soal duren atau durian yang memiliki kandungan kolesterol adalah tidak tepat atau tidak benar. Sebenarnya sekitar 80% kolesterol berasal dari sintesa dalam tubuh kita sendiri dan sekitar 20% sisanya berasal dari lemak hewan.

Mitos: Durian Mengandung Alkohol?


Lagi-lagi mitos ini bisa dibilang kurang tepat. Konon, tidak ada satupun tanaman yang murni dapat menghasilkan alkohol. Namun proses fermentasi gula atau karbohidrat yang dikandungnya lah yang dapat menghasilkan alkohol. Sehingga dapat Ubul simpulkan bahwa buah duren tidak mengandung alkohol.

Kandungan Gizi Duren


Konon nutrisi dan vitamin yang dimiliki oleh buah yang satu ini sangatlah kaya, bahkan ada yang menyebut bahwa kandungan gizinya berkelas bintang lima. Beberapa diantara nutrisi yang terkandung dalam daging buah ini adalah kalium, magnesium, zat besi, seng, fosfor, thiamin, niacin, riboflavin, asam folat, omega 3 serta omega 6. Selain itu, ia juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B dan C serta kandungan gizi lain yang menjadi kebutuhan pokok kita seperti karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein.

Manfaatnya Bagi Kesehatan


Konon buah durian memiliki manfaat untuk menghangatkan badan dan dapat meningkatkan mood kita. Namun tidak hanya itu saja, masih ada beberapa manfaat lain yang dimilikinya berdasarkan kandungan-kandungan nutrisi yang sudah Ubul tulis diatas. Diantaranya adalah:

Menghambat pertumbuhan tumor


Menurut sumber yang Ubul baca, buah yang memiliki pohon berukuran besar ini memiliki kandungan vitamin C yang kaya. Seperti yang kita tau, vitamin C dapat berperan penting bagi tubuh sebagai zat antioksidan. Selain memiliki zat antioksidan dalam bentuk vitamin, durian juga memiliki satu zat bernama phytosterol yang konon dapat memperbaiki ketahanan tubuh terhadap kanker serta menghambat pertumbuhan tumor secara efektif.

Dapat mencegah depresi


Seperti yang sudah Ubul tulis diatas, durian yang di konsumsi dapat meningkatkan mood kita. Hal itu tidak lain karena daging buah durian memiliki kandungan tryptopan yang jika dikonsumsi akan membuat kita merasa lebih baik dan merasa lebih segar. Zat tersebut adalah salah satu asam amino esensial penting yang dibutuhkan tubuh kita. Di dalam tubuh kita zat ini akan membentuk Serotonin, Melanotin dan Niacin yang konon dapat berguna untuk mencegah depresi, mengurangi stress dan rasa cemas bahkan kabarnya dapat mengobati insomnia alias susah tidur.

Menjaga kestabilan kadar gula darah serta menurunkan kolesterol


Zat organosulfur yang dikandung pada daging buahnya dapat menurunkan sintesa kolesterol yang terjadi di sel hati. Yups, ini tentu saja bertolak belakang dengan kepercayaan masyarakat yang menganggap bahwa buah ini justru mengandung kolesterol. Selain hal diatas, zat yang juga banyak terkandung pada bawang putih ini dapat berguna sebagai zat anti mikroba, antioksidan serta anti radang. Jika dipadukan bersama thiamin dan biotin, organosulfur yang dikandungnya juga dapat membantu menjaga atau menstabilkan kadar gula dalam darah.

Mencegah Anemia (Kurang darah)


Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada buah durian dapat meningkatkan produksi hemoglobin. Seperti yang kita tau, anemia terjadi karena kurangnya kadar hemoglobin atau sel darah merah dalam darah sehingga zat besi yang cukup dibutuhkan agar tubuh dapat memproduksi lebih banyak hemoglobin untuk mencegah anemia.

Selain manfaat-manfaat diatas, konon buah durian juga baik untuk mencegah penyakit jantung, kanker, katarak, diabetes serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Menurut sumber yang Ubul baca, jika dibandingkan dengan apel maka durian memiliki 4 kali lebih banyak protein, 2 kali karbohidrat, 5 kali vitamin A dan zat besi, 3 kali fosfor dan 2 kali kandungan vitamin dan mineral lainnya. Kita juga bisa mendapatkan energi ekstra ketika mengkonsumsi durian karena buah ini memiliki tiga jenis gula alami yakni glukosa, sukrosa dan fruktosa.

Nah dari berbagai kandungan dan manfaat yang dimilikinya apakah pemirsa masih ragu untuk mengkonsumsinya karena percaya dengan mitos yang beredar soal durian? Oke memang mitos itu kurang tepat, namun Ubul tetap mengingatkan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena segala zat atau apapun yang dikonsumsi berlebihan justru akan menjadi racun bagi tubuh kita sehingga tentu saja tidak akan menimbulkan efek yang baik. Tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga kelestarian alam kita karena dari alam kita dapat memetik berbagai manfaat bagi hidup kita termasuk manfaat yang terkandung dalam buah durian. Kalau alam kita sudah rusak dan tidak bisa menghasilkan apa-apa, darimana lagi kita akan menemukan berbagai kebaikan seperti ini? - Ubul si Ulet Bulu

Referensi artikel dan sumber gambar : Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Wikipedia.

0 comments "Buah Durian, Kandungan Gizi Manfaat Dan Mitosnya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment