Manfaat Dan Kandungan Rebung / Bambu Muda

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Dan Kandungan Rebung / Bambu Muda

Ditulis oleh: -

Manfaat Dan Kandungan Rebung / Bambu Muda - Tanaman bambu terkenal dengan hasil kayunya yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Tapi siapa sangka ternyata bambu juga bisa dimakan? Masih segar di ingatan Ubul ketika nenek Ubul membuat sebuah masakan yang berbeda dari biasanya dan betapa terkejutnya Ubul ketika nenek berkata bahwa makanan itu adalah "bambu yang dimasak". Dan yang membuat Ubul heran adalah bagaimana bisa bambu yang biasanya keras menjadi lunak dan bisa dimakan?

Setelah Ubul bertanya-tanya kepada nenek, ternyata masakan tersebut terbuat dari bambu muda alias rebung yang memang jauh lebih lunak dibanding dengan bambu yang sudah tua dan besar. Dan ternyata memang rebung sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dijadikan bahan pangan. Kebetulan beberapa hari lalu masakan berbahan dasar rebung juga menjadi menu makan siang Ubul, dan Ubul pun tergelitik untuk mencari tau apa saja kandungan nutrisi yang ada pada tumbuhan ini serta manfaatnya bagi tubuh kita.

Kandungan Nutrisi Rebung


Tanaman rebung
Rebung adalah tunas dari akar bambu yang masih muda dan lunak. Meski termasuk dalam kategori makanan aneh bagi sebagian orang dan masih banyak orang yang enggan untuk memakannya, ternyata tunas bambu ini memiliki berbagai manfaat yang baik karena banyak mengandung nutrisi khususnya serat. Selain serat, tumbuhan yang biasa dimasak dengan menggunakan santan ini juga memiliki berbagai kandungan lain seperti Riboflavin (Vitamin B2), Thiamine (Vitamine B1), Niacin (Vitamin B3), Fosfor, Kalium, Potasium, Protein dan masih banyak lagi. Kandungan nutrisi yang cukup lengkap tersebut membuktikan bahwa rebung sangat layak untuk dikonsumsi.

Khasiat Rebung


Konon bahan makanan yang sangat populer digunakan di negara-negara di wilayah Asia ini memiliki berbagai khasiat atau manfaat bagi yang mengkonsumsinya. Ia dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan kita karena memiliki kandungan serat yang tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding dengan sayuran tropis lain seperti kedelai atau sawi. Menurut sumber yang Ubul baca, serat pangan tersebut dapat bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit diabetes melitus, kanker usus besar (kanker kolon), membantu membuang lemak berlebih di saluran pencernaan dan bahkan konon dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung koroner.

Tumbuhan yang kaya akan Kalium


Kabarnya, tunas bambu ini memiliki kadar kalium yang cukup tinggi. Bagi kesehatan manusia, kalium dapat berperan untuk mencegah atau mengurangi resiko stroke karena konon sebagian besar (atau semua) penderita stroke mengalami kekurangan mineral yang satu ini. Jadi mengkonsumsi rebung dapat membantu memenuhi kebutuhan kalium kita.

Selain manfaat-manfaat diatas, konon rebung juga dapat membantu mencegah atau mengurangi resiko kanker karena memiliki kandungan senyawa anti kanker. Rebung juga mengandung potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta melancarkan peredaran darah.

Nah ternyata cukup banyak bukan manfaat yang bisa didapatkan dari bambu muda ini? Siapa yang sangka bahwa tunas bambu yang masih berukuran kecil ini memiliki manfaat yang besar bagi manusia. Namun tetap Ubul ingatkan bahwa semua kandungan diatas baik untuk dikonsumsi JIKA tidak berlebihan alias overdosis. Karena apapun yang dikonsumsi berlebihan justru akan berbalik menjadi racun bagi kita. Mungkin itu saja yang bisa Ubul bagikan mengenai manfaat dari rebung. Sebenarnya masih banyak lagi hal atau manfaat yang belum Ubul cantumkan disini, namun isi posting diatas Ubul rasa cukup untuk mewakili keseluruhannya.

Tidak lupa Ubul ingatkan untuk selalu menjaga kelestarian alam kita agar tetap asri, bersih dan "hijau" seperti tampilan blog ini. Karena segala manfaat yang sudah Ubul tuliskan diatas termasuk juga rebung berasal dari alam. Kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu.

Referensi artikel dan sumber gambar : Wikipedia

1 comments :