Kandungan Gizi Dan Manfaat Rambutan Bagi Tubuh

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Kandungan Gizi Dan Manfaat Rambutan Bagi Tubuh

Ditulis oleh: -

Kandungan Gizi Dan Manfaat Rambutan Bagi Tubuh - Pada bulan Februari lalu Ubul baru saja berpindah ke kota pelajar Yogyakarta. Saat sedang berjalan-jalan di kota yang juga identik dengan makanan bernama gudeg (gudheg) ini Ubul menemukan banyak sekali orang yang menjual buah rambutan di pinggir jalan yang sepertinya sebagian besar dipetik di kebun sendiri. Ubul pun menyempatkan diri untuk membeli buah yang memiliki kulit berwarna merah serta memiliki semacam rambut disekitarnya itu. Kebetulan salah seorang teman Ubul sangat menyukai buah ini sehingga Ubul memutuskan untuk membelinya dalam jumlah yang cukup banyak.

Gambar buah rambutan
Saat sedang menikmati daging buah yang rasanya manis ini, sepintas terbersit di benak Ubul soal kandungan dan manfaat yang dimiliki oleh buah ini. Apakah manfaatnya semanis rasanya atau justru sebaliknya? Hal itu membuat Ubul penasaran dan memutuskan untuk segera mencari tau soal hal tersebut. Setelah mencari tau ke berbagai sumber ternyata memang buah ini memiliki berbagai kandungan yang baik bagi tubuh kita.

Menurut sumber yang Ubul baca, buah rambutan memiliki berbagai khasiat yang baik untuk tubuh kita. Bukan hanya dari daging buahnya saja, melainkan hampir semua bagian dari rambutan ini termasuk kulit, biji dan bahkan kulit pohonnya pun memiliki manfaat bagi kesehatan. Daging buahnya memiliki berbagai kandungan seperti karbohidrat, vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor, protein dan berbagai kandungan lainnya. Meski jumlahnya tidaklah terlalu besar namun setidaknya itu cukup untuk menambah sedikit asupan terhadap kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita. Konon buah ini cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet untuk menurunkan atau menjaga berat badan.

Bagian yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat justru terdapat pada bagian selain daging buah, seperti kulit buahnya misalnya. Menurut sumber yang Ubul baca, kulit buah rambutan dapat dimanfaatkan untuk mengobati disentri dan demam. Untuk mengobati disentri kita cukup mengumpulkan 10 buah kulit rambutan lalu dipotong-potong seperlunya saja. Tambahkan 3 gelas air bersih lalu rebus bersama kulit rambutan hingga air tersisa setengahnya. Dinginkan lalu saring untuk diminum airnya 2 kali sehari sebanyak tiga perempat gelas.

Lalu untuk mengobati demam, keringkan kulit rambutan kemudian ambil kira-kira 15 gram saja dan cuci hingga bersih. Tambakan tiga gelas air bersih dan rebus bersama kulit rambutan yang sudah dikeringkan tadi hingga mendidih dan biarkan ia mendidih selama 15 menit (apinya jangan terlalu besar yaa). Dinginkan lalu saring untuk diminum 3 kali sehari sebanyak sepertiga bagian dari keseluruhan air yang direbus tadi. Selain kulit, biji dari buah rambutan ternyata juga bermanfaat dan dapat digunakan untuk mengobati kencing manis alias diabetes.

Namun tentu saja biji tersebut haruslah diolah terlebih dahulu. Kumpulkan 5 biji dari buah rambutan, lalu digoreng sangrai dan digiling hingga menjadi serbuk. Setelah itu seduhlah dengan secangkir air panas dan diamkan hingga menjadi dingin. Setelah dingin minumlah seduhan biji rambutan tersebut sekaligus. Hal ini dapat dilakukan 1 hingga 2 kali sehari. Tapi pertanyaannya bagaimana bisa buah rambutan digunakan untuk mengobati diabetes?

Hal itu karena dalam biji dari buah rambutan terdapat lemak polifenol yang cukup tinggi. Dalam biji tersebut juga terkandung protein serta karbohidrat dan zat-zat lainnya dimana semua kandungan tersebut dapat menghasilkan efek hipoglikemik atau menurunkan kadar gula dalam darah sehingga tidak heran jika biji rambutan digunakan sebagai pengobatan alternatif bagi penderita diabetes khususnya diabetes mellitus untuk menurunkan kadar gula dalam darahnya.

Nah ternyata buah yang merupakan salah satu buah asli dari Indonesia ini memiliki khasiat yang besar ya bagi kita. Meski harganya murah namun ternyata ia memiliki khasiat yang tidak murahan. Itulah beberapa manfaat dari rambutan yang bisa Ubul bagikan pada posting kali ini. Tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga kelestarian dan kebersihan alam kita, minimal dengan menghindari untuk ikut memperparah keadaannya. Karena jika alam kita telah rusak, kita tidak akan bisa lagi menikmati segala manfaat dan kebaikan alam termasuk manfaat yang terkandung dalam rambutan. Kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi artikel: ITD Unair Sumber gambar: Wikipedia

0 comments "Kandungan Gizi Dan Manfaat Rambutan Bagi Tubuh", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment