Manfaat Buah Kiwi Dibalik Rasanya Yang Unik

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Buah Kiwi Dibalik Rasanya Yang Unik

Ditulis oleh: -

Manfaat Buah Kiwi Dibalik Rasanya Yang Unik - Ini adalah salah satu buah favorit Ubul karena memang rasanya yang berbeda dari buah lain, unik namun enak. Konon, nama "kiwi" sendiri sebenarnya diambil dari nama burung yang tidak bisa terbang yang berasal dari Selandia Baru yang juga bernama burung kiwi. Sebelum menggunakan nama kiwi, buah ini dulunya bernama Gosberi Cina dan kemudian diganti menjadi Melonette barulah diganti lagi menjadi nama yang sekarang ini. Meskipun menggunakan nama kiwi, ternyata buah ini bukanlah berasal dari Selandia Baru.

Buah Kiwi
Sumber Gambar: novitamulyasejati.blogspot.com
Buah kiwi berasal dari negara Cina yang kemudian diganti namanya dengan alasan ekspor marketing. Mungkin hal itu dilakukan untuk lebih menarik minat konsumen. Ubul sendiri baru mengetahui hal itu setelah membaca dari berbagai sumber karena Ubul sempat berpikir bahwa buah ini berasal dari daerah yang sama dengan burung kiwi (Selandia Baru).

Bentuk fisik buah kiwi umumnya bulat sebesar telur ayam atau lebih besar berwarna coklat keemasan dan sedikit kehijauan. Kulit dari buah ini sedikit "berbulu" namun ada juga yang botak karena habis dicukur #eh :p. Jika dibelah, akan nampak daging buah bertekstur lembut berwarna hijau dengan banyak biji kecil - kecil  berwarna hitam ditengahnya. Namun anda tidak perlu membuang bijinya, karena justru biji itulah bagian paling enak dari buah kiwi menurut Ubul. Rasa bijinya sedikit asam, seperti rasa biji buah markisa.

Sedikit info lagi tentang buah kiwi, ternyata buah ini termasuk dalam jenis buah berry. Tidak heran mengapa dulu namanya adalah Gosberi Cina. Nah sekarang kita masuk ke pembahasan utama, yaitu apa saja manfaat dari buah yang memiliki rasa unik ini.

Kandungan buah kiwi memiliki khasiat yang sangat beragam untuk kebutuhan nutrisi atau menjaga kesehatan kita. Salah satunya adalah vitamin C. Vitamin yang identik dengan rasa asam ini cukup banyak terkandung pada buah dengan daging berwarna hijau tersebut. Dan menurut sumber yang Ubul baca, buah kiwi yang berbulu atau memiliki sedikit rambut mmemiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menagkal radikal bebas sehingga akan meningkatkan daya tahan tubuh, juga berguna untuk melawan bakteri, antialergen bahkan antikanker.
Bagian yang paling banyak mengandung antioksidan adalah kulit buahnya, yang memiliki kandungan tiga kali lebih banyak dari daging buah itu sendiri. Apakah hanya itu saja manfaatnya? Tentu tidak. Masih ada beberapa manfaat lagi yang baik untuk kehidupan kita.

Buah ini juga dapat digunakan untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Menurut sumber yang Ubul baca, beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan memakan buah kiwi tiga kali sehari, maka akan efektif untuk menurunkan tekanan darah. Namun sayangnya dalam penelitian tersebut belum dijelaskan atau ditemukan apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi.

Untuk mengencangkan kulit khususnya kulit wajah, buah asal Cina ini ternyata juga sangat bagus. Hal itu dikarenakan dalam daging buahnya yang berwarna hijau ternyata terkandung vitamin E yang cukup kaya. Vitamin E sendiri sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit agar tidak kusam dan konon dapat mengurangi kerutan khususnya pada bagian wajah.

Nah mungkin masih banyak lagi kandungan dan manfaat yang terdapat pada buah kiwi, namun Ubul rasa tulisan diatas sudah cukup untuk menjelaskan manfaat utama nya. Ini adalah salah satu persembahan alam yang sangat baik untuk kita semua. Selain rasanya yang enak, hasil alam ini juga memiliki manfaat yang besar. Maka sudah seharusnya kita turut menjaga dan melestarikan alam agar hasil - hasil alam seperti ini dapat kita temukan dan manfaatkan pada waktu mendatang :)

Referensi : Wikipedia

0 comments "Manfaat Buah Kiwi Dibalik Rasanya Yang Unik", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment