Manfaat Buah Nangka Serta Kandungan Nutrisinya

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Buah Nangka Serta Kandungan Nutrisinya

Ditulis oleh: -

Buah nangka di pohonnya
Manfaat Buah Nangka Serta Kandungan Nutrisinya - Semalam Ubul sedang asyik berselancar di dunia maya dan iseng-iseng mencari artikel tentang salah satu buah yang menjadi favorit Ubul yaitu nangka. Kebetulan Ubul mendadak "ngidam" buah nangka setelah kemarin berjalan-jalan dan melihat beberapa pohon nangka yang sayangnya sedang tidak berbuah. Dan hal itu cukup untuk membangkitkan rasa penasaran Ubul akan buah yang memiliki aroma yang khas nan pekat ini.

Terdapat beberapa hal menarik yang Ubul baca mengenai buah yang pohonnya hidup di iklim tropis ini, namun ada satu hal yang membuat Ubul semakin penasaran yakni soal mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh memakan buah nangka. Benarkah demikian? Untuk itu Ubul akan sedikit membahas soal buah nangka pada posting kali ini, kita mulai dari kandungan nutrisinya.

Nutrisi Buah Nangka


Kandungan gizi buah nangka
Dibalik rasanya yang unik serta aromanya yang pekat ternyata buah yang memiliki kulit kasar mirip durian (namun tidak tajam dan lebih lunak dibanding kulit durian) ini kaya akan nutrisi khususnya serat dan vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6, B9 (Folat)). Ia juga mengandung beberapa nutrisi lain diantaranya adalah karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, mangan, fosfor, potasium serta berbagai vitamin lain seperti vitamin A, C dan E. Banyaknya kandungan gizi pada buah ini tentu saja akan membuatnya kaya akan manfaat bagi tubuh kita, beberapa diantaranya adalah:

Baik Untuk Pencernaan

Buah yang menjadi salah satu bahan campuran untuk kolak ini ternyata baik untuk kesehatan pencernaan kita. Hal ini tidak lepas dari kandungan serat yang kaya pada nangka. Serat yang dikandungnya juga dapat menghindarkan kita dari sembelit.

Sumber Energi Yang Baik

Kandungan gula sederhana (sukrosa dan fruktosa) yang cukup banyak pada buah ini akan menghasilkan energi (kalori) yang cukup besar dan dapat berefek instan pada tubuh kita sehingga tenaga kita akan cepat pulih kembali. Kalori yang cukup besar itu kemungkinan adalah penyebab mengapa perut menjadi sedikit panas setelah mengkonsumsi nangka.

Mengontrol Tekanan Darah

Buah nangka segar yang sudah matang merupakan sumber potassium, magnesium, mangan dan zat besi yang baik, dimana potassium merupakan komponen penting bagi tubuh untuk dapat mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Mencegah Osteoporosis

Menurut sumber yang Ubul baca, kandungan magnesium pada buah nangka dapat berguna untuk membantu penyerapan kalsium sehingga baik untuk memperkuat tulang serta mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Mitos Soal Ibu Hamil Dan Nangka


Buah nangka yang sudah matang
Apakah benar buah nangka tidak baik atau tidak dianjurkan bagi ibu hamil? Ubul sendiri masih belum menemukan jawaban yang benar-benar masuk akal soal hal ini. Namun menurut Ubul pribadi sepertinya tidak akan menjadi masalah JIKA tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Karena apapun yang dikonsumsi secara berlebihan tentu saja tidak akan baik dan justru akan menjadi racun dalam tubuh kita.

Nah mungkin itu saja beberapa poin tentang buah nangka yang bisa Ubul bahas kali ini. Ini adalah salah satu hasil alam yang kaya manfaat, dan sekaligus menjadi sebuah contoh kecil bahwa alam memiliki banyak sekali manfaat lain yang bisa kita petik. Dan tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga kelestarian alam kita khususnya di lingkungan sekitar kita sendiri agar kita dapat terus dapat menikmati manfaatnya. Karena kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi artikel dan sumber gambar: Wikipedia, Nutrition and You

0 comments "Manfaat Buah Nangka Serta Kandungan Nutrisinya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment