Kandungan Gizi Sayur Kangkung Serta Manfaatnya

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Kandungan Gizi Sayur Kangkung Serta Manfaatnya

Ditulis oleh: -

Kandungan Gizi Sayur Kangkung Serta Manfaatnya - Siapa yang tidak kenal kangkung? Di Indonesia tanaman yang biasa dijadikan sayuran ini sudah dikenal sangat luas. Selain rasanya yang enak, harga dari sayuran ini pun sangatlah terjangkau sehingga tidak heran jika ia banyak dicari oleh ibu-ibu di pasar. Kebetulan kemarin Ubul sempat membeli makanan bernama "lotek" (semacam pecel) untuk sarapan. Dan pada makanan tersebut ternyata sayur kangkung menjadi bahan yang cukup dominan.

Tanaman kangkung
Ubul jadi teringat perkataan dari beberapa orang yang mengatakan bahwa makan kangkung terlalu banyak akan membuat badan kita menjadi lemas atau mengantuk. Benarkah demikian? Sekali lagi, hal itu membuat rasa penasaran Ubul muncul dan tentu saja Ubul langsung melakukan "riset" (cieee gayanya pake acara riset segala :p) dan mengumpulkan informasi soal kangkung berdasarkan data yang Ubul ambil dari berbagai sumber di internet. Dan dari riset tersebut, Ubul menemukan beberapa informasi yang juga akan Ubul bagikan kepada pembaca di posting kali ini. Di simak yaa, ini dia diantaranya:

Ternyata mitos soal kangkung yang dapat menyebabkan badan lemas atau mengantuk itu tidaklah sepenuhnya benar. Ubul sendiri sama sekali tidak pernah merasakan efek tersebut setelah makan kangkung. Kangkung memang memiliki "efek sedasi" atau memberikan rasa tenang pada tubuh kita karena terjadinya penurunan tekanan darah. Efek tersebut sangat berguna untuk membuat tidur kita terlelap. Mungkin inilah mengapa kangkung dapat menyebabkan kantuk bagi sebagian orang.

Namun menurut Ubul efek tersebut hanya terjadi jika kita melakukan aktifitas fisik yang minim seperti misalnya menonton televisi. Dan mungkin kembali lagi pada bagaimana kondisi fisik kita. Jika kondisi fisik sedang lemah karena kurang olahraga misalnya maka efek tersebut akan sangat terasa. Dan jika kondisi fisik sedang kuat, efek tersebut tidaklah terlalu berarti (silahkan dikoreksi jika Ubul salah). Nah dibalik mitos negatif soal kangkung tersebut, ternyata sayuran murah ini menyimpan berbagai manfaat yang tentunya baik bagi tubuh kita.

Kandungan Dan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Kandungan gizi sayur kangkung
Menurut sumber yang Ubul baca, sayuran ini banyak mengandung zat besi, vitamin C, folat, mangan dan magnesium. Dan beberapa mineral lain yang terkandung pada kangkung adalah kalsium, fosfor, potassium, seng  dan sodium. Karena banyaknya kandungan zat besi pada tanaman yang banyak ditemui tumbuh di perairan ini, ia dapat membantu mengatasi anemia karena zat besi berperan dalam proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Mengatasi Insomnia

Seperti yang sudah Ubul tulis diatas, kangkung memiliki efek sedasi yang akan memberikan rasa tenang atau rileks pada tubuh kita sehingga akan membuat tidur kita terlelap. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami insomnia alias sulit tidur.

Mencegah Rasa Lemas

Anemia dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa lemas atau tidak fit. Seperti yang sudah Ubul tulis diatas, tanaman ini akan dapat membantu mengatasi anemia karena kandungan zat besinya yang kaya sehingga ia juga bisa berguna untuk mencegah efek-efek yang disebabkan karena anemia seperti rasa lemas misalnya.

Manfaat Lainnya

Selain dua manfaat utama diatas ternyata sayuran yang banyak digemari orang di wilayah Asia ini memiliki berbagai manfaat lain seperti membantu menurunkan kolesterol, membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh dan bahkan konon dapat membantu mecegah kanker serta penyakit jantung.

Namun meski memiliki banyak manfaat, tetap saja tidak dianjurkan untuk memakan sayuran ini dalam jumlah yang terlalu banyak karena apapun yang dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak (over dosis) akan menjadi racun bagi tubuh kita. Oh iya, ada satu lagi informasi bonus yang mungkin bisa bermanfaat bagi pembaca blog ini.

Tips Memasak Kangkung

Kangkung akan lebih terasa nikmat jika dimasak setengah matang untuk menjaga teksturnya. Namun tentu saja hal itu juga memiliki resiko yakni makhluk hidup atau hewan yang bersembunyi dalam batangnya tidak akan mati. Nah untuk itu sangat disarankan untuk membelah terlebih dahulu batang kangkung yang berlubang itu agar makhluk atau hewan apapun yang hidup atau bersembunyi di dalamnya akan mudah tekena panas (pada saat dimasak) sehingga akan membuatnya mati.

Tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga alam disekitar kita agar kita dapat terus menikmati segala manfaat yang ada di dalamnya, termasuk manfaat yang terdapat pada sayur kangkung. Minimal dengan menghindari untuk ikut memperparah keadaan yang sudah ada. Karena jika alam atau lingkungan kita sudah tercemar, tentu saja segala hal yang dihasilkannya juga ikut tercemar sehingga akan berdampak pada diri kita sendiri nantinya. Kalau bukan kita yang menjaga lingkungan kita sendiri, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi artikel dan sumber gambar: Wikipedia, Stylecraze

0 comments "Kandungan Gizi Sayur Kangkung Serta Manfaatnya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment