Kandungan Nutrisi Mentimun Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Kandungan Nutrisi Mentimun Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ditulis oleh: -

Kandungan Nutrisi Mentimun Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan - Dulu ketika Ubul masih duduk di bangku sekolah dasar Ubul harus berjalan kaki sejauh beberapa kilometer untuk bisa sampai di sekolahan. Biasanya Ubul bersama teman-teman berjalan melewati persawahan untuk memperpendek jarak tempuh. Mungkin saat ini sudah sangat jarang ditemui anak yang mau berjalan kaki menuju sekolahnya yang berjarak beberapa kilometer, tapi bukan itu inti dari postingan ini :p. Pada saat perjalanan khususnya saat menuju rumah sepulang sekolah tentu saja Ubul dan teman-teman akan merasa kehausan karena terik matahari yang menyengat.

Tanaman mentimun sedang berbuah
Nah kebetulan di dekat sawah yang kami lewati ada sebuah rumah yang merupakan tempat tinggal salah satu teman Ubul yang disebelahnya ada sebuah tanaman mentimun yang tumbuh subur dan terawat yang memang sengaja ditanam oleh ibunya. Jika sedang berbuah tentu saja kami akan memetik beberapa diantaranya dan memakannya sebagai pengganti minum alias pelepas dahaga, dan ternyata itu cukup efektif. Kemarin Ubul kembali teringat akan moment itu setelah melewati area persawahan saat menaiki bus untuk menuju kota Yogyakarta. Dan seketika itu pula Ubul tertarik untuk mencari tau apa saja manfaat yang dikandung oleh mentimun.

Setelah Ubul mencari beberapa sumber referensi ternyata Ubul baru mengetahui bahwa buah yang sejatinya termasuk dalam kategori sayuran itu memiliki berbagai manfaat yang tentu saja baik bagi tubuh kita. Nah daripada pembaca penasaran, langsung saja Ubul bagikan ke pembaca tentang apa saja kandungan gizi serta manfaat mentimun bagi kesehatan:

Mentimun mengandung berbagai jenis mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, mangan, potassium dan seng serta sedikit protein. Ia juga mengandung beberapa vitamin yang menjadi kebutuhan pokok bagi tubuh kita seperti diantaranya ada beberapa vitamin B (B1 "Thiamine", B2 "Riboflavin", B3 "Niacin", B5 "Asam Pantothenic", B6, serta B9 "Folat"), C dan vitamin K. Dan tentu saja ia mengandung air dalam jumlah yang cukup besar sehingga tidak heran jika sayuran ini mampu menyegarkan kembali tenggorokan yang kering. Menurut sumber yang Ubul baca, mentimun memiliki beberapa khasiat yang tersimpan di dalamnya, beberapa diantaranya adalah:

Baik Untuk Kulit

Kandungan Gizi Mentimun
Pernah melihat orang yang menggunakan "kacamata mentimun"? Tujuannya adalah agar tampilan mata menjadi lebih segar. Mentimun memang mengandung beberapa mineral yang baik untuk kulit seperti magnesium dan potassium. Dan konon ia dapat membantu menyegarkan kembali serta mengurangi kantong mata karena sifatnya yang dingin sehingga akan membuat mata menjadi segar kembali.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Mentimun dapat menjadi sumber antioksidan yang baik karena ia memiliki beberapa nutrisi termasuk vitamin C, beta karotin dan mangan serta flavonoid. Ia dapat membantu menjaga sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas serta dapat menetralkan dan membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh kita. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa ekstrak mentimun segar dapat membantu mengurangi peradangan.

Untuk Melawan Kanker

Menurut sumber yang Ubul baca, mentimun segar sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki manfaat untuk melawan sel-sel kanker. Hal ini karena di dalam mentimun juga ditemukan lignan pinoresinol, lariciresinol, dan secoisolariciresinol. Untuk melawan kanker, lignan tersebut melibatkan peran bakteri dalam saluran pencernaan kita. Hal ini membuatnya dapat mengurangi resiko kanker yang berkaitan dengan estrogen (termasuk kanker payudara, rahim, ovarium, dan prostat).

Menjaga Tekanan Darah Dan Kadar Gula Dalam Darah

Kandungan potassium dan magnesium yang terdapat pada mentimun dapat bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah baik tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah. Selain itu menurut beberapa sumber lain, konsumsi mentimun juga dapat memicu pankreas untuk memproduksi insulin yang gunanya adalah untuk mengontrol kadar gula dalam darah kita.

Nah itulah beberapa manfaat dan kandungan mentimun yang dapat Ubul sampaikan pada posting kali ini. Meski sayuran ini sering kali kita remehkan, namun ternyata ia menyimpan segudang manfaat yang bisa kita petik ketika mengkonsumsinya. Maka sekali lagi Ubul simpulkan bahwa tidak ada apapun di dunia ini yang tidak bermanfaat, hanya kita saja yang belum mengetahuinya.

Dan tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga dan melestarikan alam di sekitar kita, minimal lingkungan di tempat kita tinggal dengan menghindari untuk mencemarinya. Karena jika alam di sekitar kita sudah rusak maka tentu saja kita tidak akan bisa memetik sejuta manfaat yang tersimpan di dalamnya, termasuk manfaat dari mentimun ini yang merupakan salah satu hasil dari alam. Karena kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi artikel dan sumber gambar: Wikipedia, WHF

1 comments :

  1. Artikel yang bermanfaat.

    Baca artikel kesehatan lainnya di blog saya, bangfajar.com

    Terimakasih.. harap kunjungan baliknya jika ada waktu

    ReplyDelete