Manfaat Cabe Merah Bagi Kesehatan

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Cabe Merah Bagi Kesehatan

Ditulis oleh: -

Manfaat Cabe Merah Bagi Kesehatan - Indonesia kaya akan keanekaragaman kuliner. Tiap - tiap daerah memiliki ciri khas masakan dan menjadi keunikan tersendiri bagi negri ini. Cita rasanya pun kuat, dikarenakan penggunaan beraneka ragam bumbu rempah - rempah yang digunakan. Dan uniknya, tidak sedikit dari masakan khas daerah di negri ini yang memiliki cita rasa pedas.

Ya, cabe (cabai) atau dalam bahasa jawa disebut lombok memang menjadi salah satu bahan baku bumbu yang banyak digunakan untuk berbagai jenis masakan yang ada untuk menghasilkan rasa pedas. Dan memang bagi beberapa orang, masakan akan terasa kurang sedap jika tidak menggunakan sambal, salah satu "bumbu" khusus yang terdiri dari beberapa jenis rempah dan tentu saja cabai sebagai bahan utama untuk mendapatkan rasa pedas.

Cabe merah besar
Sumber gambar: ews.kemendag.go.id
Maka tidak heran jika cabe menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi ibu - ibu rumah tangga untuk masakannya. Nah bagi anda penyuka pedas khususnya cabe, taukah anda bahwa ternyata selain dapat menggugah selera, cabe juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan kita?

Apa saja manfaat cabe tersebut? Nah kebetulan pada posting kali ini Ubul ingin sedikit membahas dan mengupas tentang apa - apa saja keuntungan atau manfaat mengkonsumsi cabe bagi kesehatan kita. Diantaranya adalah :

Obat alami hidung tersumbat, untuk melegakan pernafasan


Bagi anda yang suka makanan super pedas, pasti pernah mengalami hidung meler atau bahkan mengeluarkan air mata. Ya, Ubul juga sering mengalaminya. Zat capsaicin yang menyebabkan cabe terasa pedas dan menyengat di lidah ternyata dapat merangsang sekresi pada saluran pernafasan (mengeluarkan sejenis cairan) untuk membersihkan saluran pernafasan dan dapat mengencerkan lendir sehingga anda dapat dengan mudah mengeluarkannya. Itulah sebabnya memakan makanan pedas dengan cabe sebagai bahannya akan sangat melegakan bagi anda yang sedang flu atau mengalami hidung tersumbat.

Untuk menjaga berat badan


Coba perhatikan, ketika anda memakan makanan pedas. Keringat bercucuran di sekujur tubuh anda. Konon, hal itu terjadi karena jika dikonsumsi, cabe memiliki efek termogenik yang menyebabkan tubuh menjadi panas seperti saat sedang berolahraga. Nah keringat yang dikeluarkan adalah hasil pembakaran lemak di dalam tubuh kita, sehingga efektif untuk menjaga berat badan. Dan ini tentunya akan bermanfaat bagi anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan bukan?

Untuk meringankan radang dan nyeri


Konon, cabe merah telah dikenal sebagai bahan untuk dapat melawan radang. Neutopeptida yang bertanggung jawab atas proses peradangan dapat dihambat oleh zat yang terkandung di dalam cabe, yaitu capsaicin. Zat yang sama (capsaicin) juga sering digunakan pada krim atau salep yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri.

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh


Taukah anda bahwa cabe memiliki kandungan vitamin C? Ya, vitamin ini sudah sangat dikenal untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Vitamin C juga dikenal untuk dapat mempercepat proses penyembuhan atau pemulihan. Selain itu, cabe juga diperkaya dengan beberapa vitamin lain seperti vitamin A dan B.

Untuk menjaga kesehatan jantung


Menurut sumber yang Ubul baca, cabe merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Cabe juga dipercaya dapat melarutkan fibrin, dimana fibrin adalah yang bertanggung jawab untuk terjadinya pembekuan darah. Sehingga peredaran darah menjadi lancar, dan jantung pun bisa bekerja dengan normal.

Meningkatkan nafsu makan


Untuk yang satu ini pastilah bukan rahasia lagi bagi kita. Ya, makanan pedas sering kali membuat kita menjadi lebih lahap saat sedang makan. Konon, hal itu dikarenakan zat capsaicin yang terkandung pada cabe dapat merangsang produksi hormon endorphin, yakni hormon yang membangkitkan rasa nikmat dan bahagia.

Nah mungkin itu saja yang bisa Ubul jabarkan tentang manfaat dari cabe merah. Mungkin masih banyak lagi manfaat yang tidak tertulis di artikel ini, namun Ubul rasa itu semua sudah cukup untuk mewakili sebagian besar khasiat utama dari cabe.

Namun perlu di ingat, segala sesuatu yang dikonsumsi dengan dosis berlebihan justru akan menjadi racun bagi kita, sehingga kita tetap harus membatasi konsumsi pada makanan termasuk cabe. Pada cabe, biasanya kita akan merasakan reaksi yang tidak mengenakkan pada perut kita jika terlalu banyak mengkonsumsinya.

0 comments "Manfaat Cabe Merah Bagi Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment