Manfaat Buncis, Sayuran Yang Baik Untuk Diet

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Buncis, Sayuran Yang Baik Untuk Diet

Ditulis oleh: -

Manfaat Buncis, Sayuran Yang Baik Untuk Diet - Salah satu masakan populer di Indonesia adalah sup atau sop. Biasanya, sop terdiri dari beberapa jenis sayuran seperti wortel, kol, buncis, kentang dan sayuran lain dan biasanya ditambahkan ayam atau kaldu ayam untuk membuat rasanya lebih sedap. Namun disini Ubul tidak akan membahas tentang resep untuk masakan tersebut, melainkan akan sedikit menyinggung tentang salah satu sayuran yang menjadi bahan baku sup atau sop tersebut yaitu buncis.

Buncis, sayuran untuk diet
Sumber gambar: ibnumuharrom.blogspot.com
Siapa yang tidak tau buncis? Buncis berbeda dengan kacang panjang, meskipun bentuknya yang hampir sama. Dan menurut Ubul, kacang panjang tidak cocok jika digunakan sebagai salah satu bahan membuat sup.

Perbedaan buncis dan kacang panjang dapat kita lihat dengan mudah dari segi fisiknya. Kacang panjang biasanya memiliki warna hijau tua dan ukurannya jauh lebih panjang daripada buncis, dan cenderung lebih kurus dari buncis. Sedangkan buncis memiliki warna hijau muda, dengan panjang sekitar 15 sampai 25 cm dan cenderung lebih gemuk atau padat dibandingkan dengan kacang panjang. Nah setelah sedikit membahas tentang bentuk fisiknya, Ubul ingin masuk ke pembahasan utama dari posting ini.

Apa saja manfaat yang dikandung di dalam sayur buncis? Banyak sekali manfaat yang bisa temukan dan nikmati dari tumbuhan yang memiliki nama latin Phaseolus vulgaris ini.

Kandungan nutrisi pada buncis

Sayuran ini ternyata cukup kaya akan vitamin. Menurut sumber yang Ubul baca, sayuran yang awalnya memiliki nama boontjes (dari bahasa Belanda) ini mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, C dan beberapa jenis vitamin B yakni B1, B6 dan B12. Bahkan ada sumber yang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi 100 gram buncis, kita sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian kita.

Sayuran yang baik untuk diet dan pencernaan

Ya, konon buncis juga baik dikonsumsi untuk orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Sayuran yang masih sejenis dengan polong - polongan ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga  sangat baik untuk pencernaan. Serat yang cukup juga dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah dengan mengurangi penyerapan asam empedu kolesterol yang terjadi pada usus besar. Selain serat, sayuran buncis ternyata juga rendah kalori sehingga juga sangat baik untuk anda yang sedang ingin kurus atau mengikuti program diet untuk menurunkan berat badan.

Sayuran ini juga kaya akan protein yang berguna untuk membangun, memperbaiki dan memperkuat jaringan - jaringan pada tubuh kita terutama baik untuk pembentukan otot.

Khasiat lain dari buncis

Selain hal - hal yang sudah Ubul sebutkan diatas, ada beberapa manfaat atau khasiat lain yang tidak kalah pentingnya terutama untuk kesehatan. Diantaranya kandungan anti oksidan yang terkandung di dalamnya yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga akan memperkuat daya tahan tubuh kita. Perlu diketahui bahwa kandungan anti oksidan dari buncis lebih tinggi dari pada jenis kacang - kacangan lainnya.

Bahkan konon sayuran ini juga baik untuk penderita diabetes karena mampu menurunkan kadar gula dan lemak dalam darah. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa kita temukan dari sayuran buncis, namun Ubul rasa itu saja sudah cukup karena mewakili beberapa manfaat utama yang dapat kita nikmati jika mengkonsumsi buncis.

Nah, satu lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari hasil kekayaan alam. Tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga dan merawat kelestarian alam, minimal dengan cara menghindari untuk ikut mencemarinya. Tujuannya tentu saja agar kita dapat terus menikmati manfaat dari apa yang dihasilkan oleh alam. Dari kita untuk alam, dari alam untuk kita. Semoga bermanfaat :D - Ubul si Ulet Bulu

Referensi : Wikipedia, Live Strong

3comments :

  1. banyak banget ternyata,,,
    dederamdan.student.ipb.ac.id

    ReplyDelete
  2. nice info mas broo.. mampir juga ya ke http://www.artikelanehunik.com/

    ReplyDelete
  3. Awalnya,aku konsumsi daun yakon+buncis ternyata masih bisa naik setelah makan banyak" setelah aku coba tanaman digougel: 36macam tanaman daun /akar/biji. diabetesku sembuh, mula seminggu gula normal sebulan, aku konsumsi sebulan gula normal 4bulan, akhirnya aku sembuh" bisa makan banyak" tidak khawatir karena 36tanaman.jamu saya yg mengamani" silahkan pesan jamu ramuan sy. lihat FB: salapu.soleh@yahoo.com atau SMS:0896-7677-2251 masih industri rumahan, kelak nanti aku mau buat pabrik".

    ReplyDelete