Manfaat Biji Melinjo

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Biji Melinjo

Ditulis oleh: -

Manfaat Biji Melinjo - Jika mendengar nama melinjo, hampir dipastikan yang terlintas dalam benak anda adalah nama keripik atau emping yang terkenal dengan rasanya yang pahit. Ya, waktu pertama kali mencoba, Ubul sempat tidak menyukai (emping) melinjo karena rasanya tersebut. Namun suatu ketika ada saudara Ubul yang menawarkan beberapa biji yang asing menurut Ubul, karena memang waktu itu Ubul belum mengetahui bentuk asli dari buah atau biji melinjo. Ketika mencoba memakan bijinya yang direbus secara utuh, ternyata Ubul ketagihan dan barulah saudara Ubul mengatakan bahwa itu adalah melinjo.

Biji melinjo
Sumber Gambar: berita.grosirkeripik.com
Namun saudara Ubul itu mengingatkan agar tidak terlalu banyak memakannya, karena akan meningkatkan asam urat meskipun waktu itu Ubul cuek aja dan terus melanjutkan untuk memakannya :P

Benarkah melinjo menyebabkan asam urat? Atau hanya mitos? Menurut beberapa sumber yang Ubul pernah baca, ternyata memang hal itu benar adanya. Hal itu terjadi karena pada biji melinjo mengandung purin yang bisa menyebabkan gangguan pengeluaran asam urat oleh ginjal atau istilahnya adalah Hiperurisemia.

Tapi, hal itu hanya bisa terjadi jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak. Ya, memang menurut Ubul segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan akan menjadi racun. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi melinjo, selama tidak berlebihan. Namun taukah anda, dibalik mitos "asam urat" yang melekat pada melinjo ternyata biji yang mempunyai rasa pahit yang khas ini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan?

Apa khasiat dari biji melinjo bagi kesehatan? Berdasarkan dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, biji melinjo ternyata dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit. Hal itu karena kita dapat memperoleh protein dalam konsentrasi tinggi di tiap biji melinjo yang menghasilkan senyawa antioksidan.

Tumbuhan yang konon termasuk tumbuhan purba dan merupakan evolusi dekat dari tanaman Gingko Biloba (spesies pohon hidup tertua) ini juga merupakan antimikroba alami sehingga dapat perkembangan bakteri. Tapi harus selalu diingat ya, tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan.

Nah hal itu cukup mengingatkan kita bahwa apa yang kita pandang buruk tidaklah selamanya buruk. Dibalik keburukannya, dia menyimpan kebaikan, sama seperti biji melinjo ini. Dibalik mitos akan penyakit asam urat yang sudah melekat erat pada tiap bijinya, ternyata biji tumbuhan ini memiliki khasiat yang sungguh tidak kita duga.

Karena segala yang berasal dari alam pastilah ada manfaatnya, dan Ubul percaya tidak ada satupun ciptaan-Nya yang tidak berguna. Yang ada hanya kita yang belum mengetahuinya - Ubul si Ulet Bulu

Referensi : Wikipedia

0 comments "Manfaat Biji Melinjo", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment