Manfaat Kandungan Pakcoy (Sawi Sendok)

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Manfaat Kandungan Pakcoy (Sawi Sendok)

Ditulis oleh: -

Manfaat Kandungan Pakcoy (Sawi Sendok) - Jika kita menyinggung soal sayuran hijau, sebagian besar orang pasti akan mengacu pada sawi hijau. Ya, sawi adalah salah satu sayuran yang sangat populer dan cukup banyak digemari terutama di kawasan Asia, karena memang disamping rasanya yang cukup lezat, sawi hijau juga cocok digunakan untuk bahan pada berbagai jenis masakan Asia. Namun kali ini Ubul tidak akan membahas soal sawi hijau, melainkan akan membahas tentang salah satu kerabat dekat yang mirip dengannya.

Apa itu pokcoy
Sumber gambar: www.cifarm.com
Pernahkah anda melihat sawi berbentuk kecil (seperti sendok) dan memiliki batang yang melebar? Ya, itu adalah sayur pokcoy (pok coy atau pok choi) yang akan menjadi pembahasan Ubul pada posting kali ini. Kalau Ubul sendiri menyebutnya dengan sawi kecil atau sawi unyu hehehe :P. Ubul sendiri pertama kali mengetahui keberadaan sayur ini ketika pak tukang sayur langganan Ubul datang dengan membawa sayuran ini.

Cara memasak sayur pokcoy pun hampir sama dengan sawi biasa, namun sayuran ini sedikit lebih cepat matang daripada sawi hijau biasa, karena memang rata-rata sawi ini dipanen saat usianya masih muda (baby pokcoy) sehingga kita tidak disarankan untuk memasaknya terlalu lama. Karena jika demikian, sayuran ini akan terasa kurang nikmat. Nah setelah membahas apa itu pockoy dan juga ciri fisiknya, sekarang Ubul akan membahas tentang beberapa kandungan serta manfaat yang dikandungnya. Yuk kita langsung ke TKP :D

Kandungan nutrisi pokcoy serta khasiatnya

Selain rasanya yang enak, ternyata pokcoy atau sawi sendok memiliki beberapa manfaat yang bisa berguna bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini tentunya tidak lepas dari kandungan nurtisi yang terdapat di dalamnya. Apa saja manfaat dan kandungan nutrisi yang dimaksud? Berikut diantaranya :

Sayuran yang baik untuk kesehatan mata

Menurut sumber yang Ubul baca, sayur pokcoy atau sawi sendok ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup kaya. Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin A adalah vitamin yang identik dengan mata, karena memang vitamin ini dapat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita khususnya pada bagian kornea mata.

Membantu proses pembekuan darah (pada luka)

Sayuran yang memiliki nama latin Brassica rapa ini juga memiliki kandungan vitamin K yang cukup besar. Ada yang belum tau manfaat vitamin K? Peran vitamin K dalam tubuh kita cukup beragam, namun yang paling dominan adalah untuk membantu proses pembekuan darah jika terjadi luka, sehingga luka akan lebih cepat tertutup untuk mencegah kita kehilangan terlalu banyak darah akibat luka.

Sayuran untuk mencegah kanker dalam dosis kecil

Konon, sayuran yang memiliki daun berwarna hijau pekat ini juga dapat membantu untuk mencegah penyakit kanker meskipun dalam dosis yang kecil. Hal ini dikarenakan dalam pakcoy terdapat senyawa glukosinolat. Disamping itu, kandungan vitamin K pada sayur ini juga dipercaya mampu menangani kanker karena dapat bertindak sebagai racun bagi sel-sel kanker. Namun perlu Ubul ingatkan bahwa zat apapun jika dikonsumsi dalam dosis besar atau terlalu banyak (overdosis) akan berubah menjadi racun bagi tubuh kita.

Sayuran yang baik untuk ibu hamil

Menurut sumber yang Ubul baca, sayur pokcoy ternyata juga baik dikonsumsi bagi ibu yang sedang hamil karena mengandung asal folat. Anda tentu sudah pernah mendengar nama asam folat bukan? Ya, senyawa tersebut memang pernah diangkat oleh salah satu produk susu untuk ibu hamil, karena konon asam folat sangat baik untuk perkembangan janin. Peran lain dari asam folat adalah untuk membantu pembentukan dan proses produksi butir-butir darah merah dalam sumsum tulang.

Sayuran yang baik untuk kesehatan kulit

Selain hal-hal diatas, ternyata sawi mungil ini juga dapat berfungsi baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit kita, karena di dalamnya juga terdapat vitamin E. Vitamin E dikenal sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Dan juga vitamin ini sangat baik untuk membantu mencegah penuaan dini.

Sayuran yang baik untuk pencernaan, serta mengurangi kolesterol

Kandungan serat yang terdapat pada sayur pokcoy dapat membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh kita. Selain itu, peran lain dari serat adalah untuk membantu mengurangi kadar kolesterol. Hal itu terjadi karena di dalam saluran pencernaan, serat akan mengikat asam empedu yang merupakan produk akhir dari kolesterol yang kemudian dikeluarkan bersama kotoran.

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat yang dapat ditemukan pada sayur pokcoy, namun Ubul kira ini semua sudah cukup untuk mewakili sebagian besar manfaat yang terkandung di dalamnya. Satu lagi bukti bahwa kekayaan alam itu sangatlah besar, bahkan sebuah sayuran seperti pokcoy ini saja dapat memberikan manfaat yang begitu besar bagi kita.

Untuk itu tidak lupa Ubul mengajak pembaca sekalian untuk turut membantu menjaga dan melestarikan alam disekitar kita, minimal dengan menghindari untuk ikut mencemarinya saja pembaca sudah berkontribusi dalam membantu menjaga alam kita. Peran kecil anda sangatlah berarti agar alam tetap lestari sehingga kita dapat terus mengambil manfaat dari alam. Kalau bukan kita yang menjaga, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

4comments :

  1. tulisannya si ubul bagus banget, tapi sayangnyaaa..hiks hikss...ada iklan2 jorok yang porno yang bertebaran di blognya ubul, pengen ngeshare..jadimales deh..khawatir bikin dosa dan ntar ditengok in sama anak2 kecil..usul aja nih bull..klo bisa iklan yg begituan ga usah diijinin, klo iklan yg lain mah gpp..seneng2 wae..maap ye bul..makasi banyak inpohnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah masa sih mba..?? Maaf baru ditanggepin..
      Ubul gak pernah ngerasa nampilin iklan begituan di blog ini. Coba kirimin saya screenshot nya mba, soal iklan yang tampil itu ke email Ubul (nanti Ubul email duluan)

      Delete
  2. Pokcoy emang hebat dalam hal melancarkan pencernaanloh. Bagi yg wasiran, makan pokcoy tiap hari jadi pas bab fesesnya gak bakalan keras malah lembut...sehingga tidak menyiksa. Saya rasakan sendiri setelah makan pokcoy. Terima kasih pokcoy :).

    ReplyDelete
  3. Wajibkan untuk mengonsumsi sayuran hijau setiap hari.

    ReplyDelete