Kandungan Gizi Manfaat Dan Mitos Buah Nanas

Blognya Sayur dan Buah

Manfaat buah dan sayur

Kandungan Gizi Manfaat Dan Mitos Buah Nanas

Ditulis oleh: -

Kandungan Gizi Manfaat Dan Mitos Buah Nanas - Beberapa hari lalu ketika Ubul sedang berjalan-jalan Ubul menyempatkan diri untuk duduk sejenak di alun-alun kota Yogyakarta. Disana Ubul banyak sekali menemukan pedagang yang menawarkan berbagai jenis cemilan, dan Ubul lebih memilih untuk membeli rujak buah karena Ubul rasa buah-buahan lebih memiliki manfaat bagi kesehatan. Bersama tiga orang teman Ubul memesan rujak tersebut, namun salah satu teman Ubul meminta pada pedagang untuk tidak menyertakan buah nanas pada rujak pesanannya.

Buah nanas
Usut punya usut ternyata ia tidak mau memakan buah nanas karena konon dapat menyebabkan keputihan. Hemm, itu membuat Ubul penasaran akan kebenarannya sehingga membuat Ubul tergerak untuk mencari tau tentang apa saja zat yang terkandung pada buah nanas serta manfaat yang ada di dalamnya yang akan Ubul bahas pada posting kali ini.

Kandungan Buah Banas


Buah ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang diantaranya adalah kalsium, magnesium, mangan, fosfor, serta beberapa nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan gula. Ia juga merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin B seperti  diantaranya adalah B1 (Thiamine), B2 (Riboflavin), B3 (Niacin), B5 (Asam Pantothenic), B6 dan B9 (Folat) serta memiliki  kandungan vitamin C yang cukup banyak.

Manfaatnya Bagi Kesehatan


Vitamin C yang terkandung dalam buah yang berasal dari Amerika Selatan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang larut dalam cairan tubuh kita yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas serta mencegah timbulnya sel kanker. Selain itu kandungan mangan dan vitamin B1 (thiamine) juga dapat berperan sebagai antioksidan.

Buah Yang Baik Untuk Mata


Menurut sumber yang Ubul baca, buah nanas sangat baik untuk kesehatan mata terutama untuk mencegah degenerasi macula di retina mata kita. Degenerasi macula sendiri dikatakan sebagai salah satu penyebab seseorang kehilangan pengelihatan pada usia lanjut. Sumber lain mengatakan bahwa nanas juga mengandung betakaroten yang bisa berfungsi untuk mencegah katarak.

Untuk Mencegah Stroke


Selain berbagai kandungan nutrisi yang sudah Ubul tulis diatas, ternyata nanas memiliki satu lagi kandungan lain yakni enzim bromealin. Bromealin pada buah ini dikatakan dapat membantu untuk mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, mencegah pembekuan darah yang berlebihan serta dapat mencegah stroke.

Untuk Kesehatan Pencernaan


Selain manfaat diatas, ternyata kandungan bromealin pada buah nanas juga memiliki fungsi lainnya yaitu untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan kita. Konon kandungan tersebut dapat mencuci atau membersihkan usus dari timbunan protein yang berlebih serta membersihkan parasit (cacing) pada dinding usus untuk dikeluarkan melalui feses. Ia juga dapat memecah lemak berlebih dalam usus sehingga sangat baik untuk membantu membersihkan usus dan saluran pencernaan.

Nanas Penyebab Keputihan?


Benarkah demikian? Mitos tersebut sudah terlanjur beredar di masyarakat meskipun kebenarannya masih sangat diragukan. Menurut sumber yang Ubul baca, buah yang memiliki habitat hidup di iklim tropis ini tidak ada kaitannya dengan keputihan. Bahkan buah ini disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang baru saja melahirkan untuk membersihkan rahim dan mempercepat penyembuhan. Tentu saja dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah nanas yang bisa Ubul bagikan pada posting kali ini. Meski memiliki berbagai manfaat namun tetap tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena zat-zat yang dikonsumsi berlebihan justru tidak akan baik dan akan menjadi racun bagi tubuh kita. Tidak lupa Ubul mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam khususnya lingkungan di sekitar kita minimal dengan menghindari untuk ikut memperparahnya. Karena jika alam di lingkungan kita sudah rusak dan tercemar tentu saja segala manfaat yang berpotensi untuk kita dapatkan akan hilang. Kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? :) - Ubul si Ulet Bulu

Referensi artikel dan sumber gambar: Wikipedia, World Healthiest Food, IPB

0 comments "Kandungan Gizi Manfaat Dan Mitos Buah Nanas", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment